StatusCake: Memantau waktu uptime dan downtime website

Memiliki website baik untuk pribadi atau bisnis sudahlah menjadi hal yang wajar. Setelah kita bergulat membeli domain dan hosting, membuat desain, mengisikan konten, dan mengupload data sehingga situs tersebut bisa online maka sekarang selain melakukan perawatan juga memantau apakah ada masalah yang terjadi.

Seringkali web hosting yang kita gunakan mengklaim uptime 99.9% sehingga website kita bisa dibuka 24 jam sehari 7 hari seminggu tanpa adanya masalah. Masalahnya bagaimana kita bisa mengetahuinya kalau tidak ada testimoni atau pengujian yang dilakukan. Karena itulah sistem monitoring atau pemantauan uptime website wajib kita gunakan, salah satu layanan uptime monitoring terbaik adalah StatusCake yang juga bisa dipakai dengan gratis.
statuscake-control-panel

Anda tinggal menambahkan alamat website anda ke dalam StatusCake dan akan otomatis dicek setiap 5 menit (kalau berbayar bisa tiap menit) apakah ada masalah atau tidak dan berapa lama respon dari server hosting anda pada setiap pemantauan. Grafik dari analisa dan statistik dari situs anda akan ditampilkan secara apik dan rapi, jadi kita dengan mudah dapat memahami apa yang telah terjadi.
statuscake-performance-graph

Kalau anda membutuhkan detail yang lebih jelas maka tepat dibawahnya akan ada tabel yang berisi status dari website anda, disini kita akan dapat mengetahui berapa lama uptimenya dan juga apabila down bisa diketahui lamanya.
statuscake-status-periods

Kalau dideteksi terjadi downtime maka anda akan diberitahukan melewati email dan bisa juga melalui SMS (fitur berbayar). Yang terpenting menurut saya adalah adanya catatan terjadinya down sehingga kita bisa melaporkan ke web hoster yang digunakan sebagai bukti adanya masalah.

Anda juga bisa mengombinasikannya dengan layanan website monitoring gratis lainnya yang sejenis seperti UptimeRobot tapi mereka memiliki batasan situs sebesar 50 buah, sedangkan StatusCake tidak terbatas. Jadi kalau anda masih belum yakin terhadap hasil pengecekan StatusCake maka bisa dicrosscheck dengan hasil UptimeRobot.

Tulis komentar...