Cara cek SLIK/IDEB OJK online

Sejak viralnya tentang adanya hutang ke paylater Traveloka yang tidak jelas asal muasalnya itu saya juga jadi kepikiran bagaimana penilaian reputasi keuangan sendiri. Apalagi saya sedang dipepet debt collector teman yang menghilang.

Proses pengecekan ini disebut Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) atau Informasi Debitur (IDEB) sekarang, kadang masih populer dengan nama BI Checking. Fungsinya sama saja sebenarnya, cari tahu apakah identitas kita itu termasuk sehat untuk finansialnya. Tidak pernah menunggak hutang dan semacamnya.

Dan sejak pandemi ini sudah bisa dilakukan secara online, walau prosesnya bisa lama dalam hitungan bulan. Jadi harap sabar saja.

Cek SLIK/IDEB online lewat Kantor Pusat OJK

Cara paling aman tapi relatif lama bisa langsung memanfaatkan sistem permohonan Informasi Debitur OJK Pusat. Buka link disini: https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/registrasi

Jangan keder lihat antriannya tidak ada kuota, tapi geser terus ke tanggal atau bulan berikutnya sampai ada slot kosong. Sebagai ilustrasi, saya cek per tanggal 5 Mei 2021 dan antriannya paling cepat yang tersedia adalah 17 Juni 2021.

Soal lokasi kantornya, jangan bingung opsinya cuma ada Kantor Pusat OJK (Jakarta). Memang demikian, tapi bisa digunakan seluruh Indonesia.

Setelah itu tinggal isi formulir identitas pemohon Informasi Debitur Perseorangan.

  1. Nama Lengkap sesuai KTP
  2. Tempat tanggal lahir.
  3. Alamat.
  4. NIK.
  5. Nomor WhatsApp.
  6. Jenis Kelamin.
  7. Alamat Email.
  8. Foto atau scan KTP dalam bentuk gambar atau PDF.

Apabila sudah lengkap datanya kirimkan saja. Kalau berhasil nanti akan dapat konfirmasi ke alamat email yang didaftarkan tadi. Setelah itu tinggal menunggu permohonan cek SLIK/IDEB OJK pada tanggalnya diproses.

Cek SLIK/IDEB online lewat OJK daerah

Alternatif lain untuk cek IDEB secara online adalah lewat OJK wilayah masing-masing, ini bisa lewat WhatsApp atau Email. Daftar cabang OJK provinsi atau kota yang mendukung layanan tanpa tatap muka ini ada disini.

Yang akan saya jabarkan disini adalah secara umum syarat dan prosesnya.

  1. Hubungi OJK regional tempat anda berada sekarang atau domisili asal sesuai KTP. Keduanya bisa walau merantau.
  2. Siapkan foto atau scan KTP dalam bentuk file digital.
  3. Juga selfie dengan KTP.
  4. Kemudian download PDF formulir permohonan pengecekan IDEB berikut:
  5. Cetak dan isi sesuai dengan data yang diminta.
  6. Kirimkan dokumen-dokumen persyaratan tadi ke WhatsApp atau Email yang digunakan OJK daerah.
  7. Tunggu balasannya.

Tergantung bagaimana sibuknya beban kerja OJK setempat atau seberapa rumitnya proses dokumennya, tapi relatif lebih cepat dibandingkan OJK Pusat. Dalam 1-2 minggu sejak dikonfirmasi sudah akan mendapatkan dokumen SLIK/IDEB OJK lewat balasan pesan WhatsApp atau Email yang dipakai berkomunikasi.

Mana yang terbaik?

Kalau mau cepat bisa cek OJK wilayahnya, kalau belum bisa tatap muka ya terpaksa online. Tapi kalau OJK wilayahnya kurang responsif seperti saya di Malang, dimana chat 2 minggu tidak ada respon kecuali robot. Maka solusinya ya cuma bisa ke metode pertama OJK Pusat.

Tinggalkan komentar