Cek apakah situs anda ramah terhadap perangkat mobile

Google telah mengumumkan bahwa nantinya tanggal 21 April 2015 akan ada update algoritma ranking hasil pencarian yang menitikberatkan pada apakah website tersebut bisa dengan mudah diakses dari perangkat mobile (handphone, tablet, atau gadget kecil lainnya). Hal ini bisa menjadi anugerah atau musibah tergantung kesiapan anda.

Jadi kalau situs anda belum responsive atau mobile-friendly maka sekarang harus bersiap – siap dengan mengganti tampilannya agar mendukung tampilan dari perangkat mobile. Cara paling mudah melihatnya adalah dengan membuka website anda dari handphone dan lihat apakah tampilannya ikut beradaptasi, atau cari nama situs anda di Google dan perhatikan apakah ada label Mobile friendly didalamnya.

google-search-results-mobile-friendly

Untuk memastikan bahwa situs anda dianggap ramah mobile oleh Google maka bisa menggunakan Mobile-Friendly Test. Tinggal anda masukkan alamat situs anda dan klik Analyze. Bila hasilnya adalah “Awesome! This page is mobile-friendly.” maka selamat situs anda aman, mungkin tinggal mengoptimalkan saja berdasarkan hasil Google PageSpeed Insights. Tapi kalau muncul “Not mobile-friendly” maka anda perlu merombak tampilan situs anda agar segera mendukung perangkat mobile.

google-mobile-friendly-test

Kalau anda menggunakan CMS seperti WordPress, Drupal, atau Joomla maka bisa mencoba mengganti tema yang digunakan. Cari yang ada fitur responsivenya supaya tampilan situs akan mengikuti besar layar perangkatnya.

Ada yang menyebut update Google kali ini dengan nama Mobilegeddon alias kiamat (disebabkan aksesibilitas) mobile.

Tulis komentar...