Chessgames: Database permainan catur online

Belajar catur selain berdasarkan mencoba bermain sendiri dan memahami teori lewat peraturannya, kadang kita perlu mempelajari cara bermain para pemain catur profesional dalam kompetisi. Walau kadang kita bisa menemukan catatan permainannya tapi bagi yang masih pemula seperti saya akan kesulitan memahami apa maksudnya.

Sekarang sambil belajar catur secara online lewat Chesscademy saya juga berusaha meningkatkan pengetahuan strategi dan taktik permainan catur melalui database game catur melalui website Chessgames. Anda tinggal memilih game manapun dari halaman utamanya, atau kalau bingung langsung saja klik Game of the day. Disini saya memilih permainan Donald Byrne vs Robert James Fischer (Third Rosenwald Trophy (1956)? ?? Gruenfeld Defense: Three Knights Variation. Hungarian Attack (D92)? ?? 0-1).

chessgames-donald-byrne-vs-robert-james-fischer-1956

Asyiknya setiap data dari suatu game catur akan dilengkapi informasi lengkap mulai dari siapa melawan siapa, nama taktik yang digunakan, dan yang terpenting adalah kemampuan untuk menampilkan tahap dari setiap langkah yang dilakukan.

Anda bisa menekan tombol + untuk otomatis bermain, > untuk memajukan satu langkah, < untuk mundur satu langkah, << kembali ke awal permainan, dan >> untuk langsung ke akhir permainan.

Catatan langkah permainan akan tepat berada dibawahnya bagi anda yang ingin mempelajari teorinya. Tulisan yang diberi warna background kebiruan transparan adalah penanda sekarang game tersebut pada langkah yang ditandai.
chessgames-donald-byrne-vs-robert-james-fischer-1956-logs

Secara keseluruhan Chessgames merupakan pelengkap dalam belajar dan latihan bermain catur secara online. Saya sendiri masih terkesima dengan cara bermain para Grand Master, kok bisa ya? Haha. 😀

Tulis komentar...