Ciri – ciri Hard Disk bermasalah atau rusak

Hard Disk merupakan salah satu komponen paling vital dalam laptop maupun PC. Mengapa bisa disebut vital? Karena semua data atau file apapun itu akan tersimpan dalam Hard Disk seperti, operating system (OS), driver , document, gambar, film, dan lain lain. Apabila Hard Disk rusak otomatis file yang ada di dalamnya bisa ikut lenyap. Sayang sekali bukan file penting atau koleksi film kita lenyap begitu saja tanpa sempat kita back up terlebih dahulu. Nah di bawah ini ada beberapa tanda Hard Disk akan bermasalah atau rusak.

laptop-hard-disk-drive
Evan-Amos / Wikimedia Commons
  1. Kinerja Hard Disk Lemot (Lambat)
    Masalah ini paling sering dialami oleh semua orang. Booting awal untuk masuk ke OS memakan waktu lama, bahkan ketika sudah masuk di OS pun masuk harus menunggu lagi. Hal ini bisa di sebabkan banyak hal seperti, Program startup terlalu banyak, adanya virus, OS bermasalah, dan lain lain.Untuk itu cobalah melakukan pengaturan ulang terhadap program yang ada, install anti virus yang terupdate kemudian scan. Jika masalah masih tetap berlanjut ada baiknya melakukan install ulang OS. Apabila setalah install ulang dilakukan dan masalah masih tetap sama kemungkinan besar Hard Disk memang bermasalah. Pada waktu proses install ulang pun jika memakan waktu tidak wajar (di atas 45 menit) juga menandakan ada yang tidak beres di Hard Disk.
  2. Blue Screen of Death
    Sama halnya di atas Blue Screen of Death merupakan kode error yang berfungsi untuk mengetahui dimanakah letak error terjadi dan sebagian besar berhubungan dengan Software.Pada waktu akan memasuki sistem operasi apabila terjadi blue screen cobalah untuk memasuki mode safe mode Windows. Jika pada safe mode tidak terjadi blue screen kemungkinan besar hanya ada masalah di program yang crash atau virus. Jika masih tetap blue screen coba lakukan install ulang OS dan pergantian RAM, bila blue screen masih tetap terjadi kemungkinan besar Hard Disk ada masalah.
  3. Bunyi dari Hard Disk terlalu keras dan aneh.
    Hard Disk merupakan hardware yang salah satu partnya terdapat piringan yang berputar. Otomatis Hard Disk akan mengeluarkan suara dikarenakan perputaran piringan sedang bekerja untuk melakukan proses read/write data. Namun bila suara yang dikeluarkan teralu keras dan muncul bunyi seperti “crek…crek…crek” biasanya disertai dengan kinerja Hard Disk menjadi lambat, menjadi salah satu tanda Hard Disk akan rusak.
  4. Stuck pada awal booting.
    Ketika laptop atau pc dinyalakan dan pada layar pertama langsung hang / stuck kemungkinan besar disebabkan Hard Disk yang memang bermasalah. Di laptop maka akan tertahan proses booting pada logo vendor. Untuk mengetestnya bisa dengan cara melepas Hard Disk, jika setelah dilepas kinerja pc / laptop lancar dipastikan Hard Disk rusak. Hal ini paling sering terjadi pada pengguna laptop.
  5. Hard Disk tiba-tiba “hilang”.
    Pada saat menyalakan laptop / pc tiba-tiba tidak bisa melakukan booting. Setelah di cek pada bios Hard Disk tidak muncul atau hilang. Namun setelah di restart beberapa kali Hard Disk muncul lagi dan booting secara normal.

Apakah hal ini juga pertanda Hard Disk bermasalah? Yup betul sekali namun sebelum itu lakukan beberapa pengecekan. Pada pengguna pc cek pada cable Hard Disk apakah sudah tertancap dengan benar atau belum, kalau perlu coba ganti dengan cable yang lain untuk memastikan masalah masih terjadi atau tidak. Pada pengguna laptop jika letak Hard Disk mudah untuk dibongkar sendiri coba lakukan reconnect Hard Disk (Cabut HDD kemudian pasang kembali) jika sulit untuk melakukan pembongkaran sendiri jangan dipaksa lebih baik diserahkan di Service Center terdekat.

Jika pengecekan sudah dilakukan dan masalah masih terjadi kemungkinan besar Hard Disk memang ada masalah.

List di atas merupakan hal-hal yang sering terjadi dan juga pengalaman pribadi, jadi jika ada salah satu gejala di atas terjadi segera back up data yang penting dan berharga segera mungkin sebelum Hard Disk benar-benar “Wafat”.  Anda juga bisa menggunakan software seperti CrystalDiskInfo untuk menguji  kondisi harddisk anda.

Semoga bermanfaat.

230 pemikiran pada “Ciri – ciri Hard Disk bermasalah atau rusak”

  1. Bang Laptop saya ACER Aspire 4752G saat mindahin file dengan size yang besar tiba tiba laptop stuck dan hanya cursor yang bergerak, saya klik close dan lain-lain tidak ada respon. Lalu saya matikan laptop dengan mencet tombol power di laptop dan saat dihidupkan lagi saat muncul logo ACER terdengar suara ”nyit cekrek” dan langsung ada tulisan ”operate system not found di kiri pojok atas.
    Apakah itu Hardisk ku sudah tewas ?
    Apakah masih bisa diselamatkan Datanya ?
    Apakah bila di servis ke centernya bisa diselamatkan datanya ?
    Dan bila tidak tertolong adakah recomendasi merek Hardisk yang bagus dengan size 1 terra ?
    Laptopku sudah berumur 5 tahun lebih. Sudah pernah stuck 3 kali dan yang ketiga kejadiannya malah gini. Sebelum kejadian saat nge save file dari ms.word sering not responding.
    Makasih untuk bantuannya.

    • Tambahan, saya make windows 8.1. Saat di hidupkan muncul logo arcer lama kira kira 30 detik trus setelah logo hilang, ada kaya sistem berjalan terus hilang dan berakhir di ”Operating System not Found”.

    • Tampaknya memang sudah aus harddisknya mas.

      Cek prioritas booting atau pasang/lepas kabel HDDnya.

      Coba pasang HDDnya di PC lain dan lihat apa bisa dibuka, kalau iya segera backup.

      Pakai Western Digital mas, yang Red/Black kalau bisa.

  2. Halo gan, mohon pencerahannya
    Saya barusan mau instal ulang laptop karna mmg laptopnya sering eror, nah biar sekalian saya juga bawa cpu ke service ini, cpu ini sebelumnya tidak ada masalah sama sekali, tiba2 2 jam setelah saya tinggalkan dikabari kalau cpu nya hardisk rusak total semua data hilang, cara satu2 nya ganti baru, saya syok karna yakin sebelumnya tidak ada tanda2 kerusakan di cpu nya, karna malas ribut saya lgsg bawa pulang aja cpu nya. Pertanyaannya apa memang bisa seperti itu, tidak ada tanda2 kerusakan tp tiba2 bisa di claim rusak total?? Apa mungkin saya sudah ditipu? Terimakasih sebelumnya jika agan bersedia menjawab pertanyaan saya..

    • Anda ga salah kalau curiga. Saya sendiri kalau kena omongan gitu ya langsung ragu. Laptop masih bisa nyala masuk Windows kan? Ya sangat kecil kemungkinan ada kerusakan di CPU, gimana nyalanya nanti.

      Ini errornya seperti apa tapi?

  3. Permisi gan, mohon pencerahannya.
    Kenapa laptop tiba” mati sendiri ketika charging? Sedangkan ketika tidak charging laptop tidak mati sendiri. Saya udah coba” tanya temen katanya charger ane yg bermasalah, tp begitu saya ganti charger hasilnya ttp sama saja.

Tulis komentar...