Ciri-ciri microSD card bermasalah atau rusak

Bisa dikatakan walau sekarang sudah ada handphone dengan kapasitas internal storage 128 GB belum tentu cukup. Khususnya yang doyan download video TikTok, film dan mungkin menyimpan galeri WhatsApp juga Telegram. Tidak terasa bisa puluhan GB kalau tidak pernah dibersihkan.

Salah satu solusinya ya menambahkan kartu memori eksternal untuk menambah ukuran penyimpanannya, dan karena dapat dilepas-pasang bisa dipindah-pindah dengan mudah ke perangkat lainnya.

microsd vgen turbo

Tapi resiko microSD card mengalami masalah atau kerusakan tetap ada, walau jarang terjadi untuk barang baru. Kenali dahulu ciri-cirinya agar anda minimal sudah siap membuat cadangan data atau beli sd card baru untuk menggantikannya. Bisa lebih hemat lagi kalau klaim garansi.

Kecepatan transfer data yang lambat

Kartu SD sendiri sebenarnya ada beberapa jenis, dan kecepatan baca/tulisnya sendiri bisa dilihat dari kelasnya. Jadi sebelum anda membuat kemasan microSD, ingat dulu seharusnya berapa MB/detik. Idealnya bisa mencapai 70-90% dari kecepatan tercantum. Misalnya kita beli VGEN Turbo yang class 10, ini teorinya bisa 100 MB/s, tapi prakteknya mungkin cuma separuh atau lebih.

Selalu minta diformat

Kalau setiap kali kita memasang microSD selalu muncul pesan agar diformat maka ini adalah pertanda jelas ada masalah pada perangkatnya. Saran saya coba dulu pasang di perangkat lain untuk memastikan apakah sudah permanen rusak atau cuma tidak kompatibel. Dan coba ganti filesystem antara FAT32 / exFAT / NTFS.

Ada file dan folder yang hilang

Ini yang paling sulit diketahui kalau tidak awas seharusnya ada file apa saja. Saya sendiri mengalaminya saat menggunakan VGEN Turbo 64GB, terlanjur memindahkan data dari 32GB kesini. Saya baru sadar saat memainkan lagu MP3 ada beberapa yang gagal dan langsung diskip. Dan ternyata benar banyak file saya lenyap begitu saja.

Ada filenya tapi error

Berhubungan dengan masalah sebelumnya, ternyata ada file-file yang bisa dilihat di file explorer handphone tapi saat dibuka malah error atau korup. Secara praktis ini sama saja tidak berguna lagi.

Bisa membaca isinya tapi tidak bisa menambahkan

Masalah ini langsung terlihat jelas, kita bisa membuka file-file dan copy ke storage lainnya. Tapi begitu kita ingin menaruh file baru ke dalamnya akan muncul pesan kesalahan seperti write error. Ini memorinya sudah bisa dikatakan setengah mati.

SD card tidak terdeteksi sama sekali

Kalau saat anda memasangkan sd card ke hp misalnya, dan diam saja tidak ada notifikasi apapun. Ya, ini kabar buruk bahwa kartu memori anda ini sudah mati dan tidak ada solusinya lagi untuk memperbaiki.

Akhir kata

Dari pengalaman pribadi, saya sangat menyarankan agar rutin melakukan backup file-file penting. Bisa ke komputer atau Google Drive semacamnya. Apabila ingin mengganti/upgrade sd card jangan sampai yang lama dihapus isinya atau diformat. Setidaknya setelah migrasi data ke kartu sd baru gunakan dulu 1-2 minggu dan perhatikan ada keanehan tidak.

Kemudian soal perbaikan kartu sd, ini seringkali tidak memungkinan. Jadi kita ambil solusi terbaik berikutnya yakni klaim garansi. Rata-rata merek microSD card ini memberikan jaminan seumur hidup asal bukan rusak fisik )pecah, retak semacamnya).

Sebelumnya saya sarankan agar cek dulu apa ada service centernya di kota anda. Karena service center VGEN cuma 2 km dari rumah, maka saya memilihnya, dan memang saya sudah berkali-kali klaim garansi tidak dipersulit.

Merek mana yang terbaik? Samsung, Kingston, Sandisk, VGEN, Maestro sudah pernah saya pakai semua. Tapi Sandisk dan Samsung ini banyak kwnya, jadi sengaja saya hindari kecuali dari official store. Saya lebih condong ke VGEN karena belum ada kwnya (mungkin?) juga lokasi cabangnya dekat jadi urusannya mudah.

Tinggalkan komentar