Clean Master: Optimalisasi Android terbaik

Populernya handphone berbasis Android dan kemampuannya yang tidak jauh berbeda dengan komputer akan membuat kita lupa kalau sumber dayanya seperti besar memori RAM, kapasitas penyimpanan data dan kekuatan CPU jauh lebih terbatas. Karena itulah kita harus secara rutin melakukan pembersihan file – file sampah yang hanya akan memenuhi dan memperlambat kinerja handphone, juga mematikan proses dalam RAM yang akan memberatkan performanya. Singkatnya kita bisa melakukan optimalisasi Android menggunakan Clean Master.

Dengan menggunakan Clean Master anda bisa melihat kondisi secara umum handphone anda dan apakah perlu dioptimalkan. Saat anda menjalankannya maka analisa apakah Android anda sudah saatnya dibersihkan.
clean-master

Tap pada Junk Files untuk melakukan proses deteksi file – file sampah yang akan otomatis aktif, ini bisa berasal dari cache aplikasi, file sisa instalasi, file download yang sudah tidak digunakan dan masih banyak lagi jenisnya. Semuanya akan dilakukan secara otomatis, tinggal tunggu proses scannya, akan muncul berapa MB file tidak berguna yang dideteksi dan tap Clean Junk untuk menghapus semuanya.
clean-master-junk-standard

Android anda terasa terlalu berat? Daripada anda membuka Running Apps dan secara manual memilih sendiri apa saja yang dimatikan maka gunakan fungsi Memory Boost dari Clean Master, aplikasi ini telah memiliki daftar apps yang aman dimatikan dan akan dibiarkan saat anda melepaskan memori dari aplikasi yang tidak penting. Berapa banyak memori yang bisa dibersihkan dari maksimal RAM yang ada akan diperlihatkan, kalau warna merah jelas terlalu dekat dengan batasnya dan akan menurunkan performa.
clean-master-memory-boost

Selain kedua fungsi utama diatas Clean Master akan mengecek setiap instalasi aplikasi pada Android apakah aman atau tidak, ini berasal dari fitur antivirus yang sudah terintegrasi.

Fungsi lainnya yang secara pribadi jarang digunakan adalah App Manager, anda bisa mengatur apps yang terinstall dari sini. Anda bisa menguninstall beberapa apps secara massal, membackup aplikasi menjadi file apk, memindahkan lokasi instalasi dari SD Card ke Internal Storage atau sebaliknya, dan mematikan apps sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Saya berani mengatakan bahwa Clean Master adalah apps wajib pada setiap handphone Android, karena efeknya adalah positif dan bisa menghemat ruang kapasitas simpan, meringankan memori dan secara tidak langsung menghemat baterai.

10 pemikiran pada “Clean Master: Optimalisasi Android terbaik”

  1. Mw tanya saya gak sengaja ng klik pilihan menu di clean master gak tau apa yg bikin warna layar andro brubah abu2 gajelas,tolong cara kembaliin ke semula lg gmn caranya? Saya susah nenuin menu ny lg yg ga sngaja sya klik itu. Help

    Balas
    • Halo Triyunda, baru tahu saya ada kasus seperti ini. Bisa dikirimkan gambar atau screenshotnya mbak? Di layar home Android dan didalam aplikasi Clean Masternya? Kirimkan saja ke email: [email protected]

  2. sy mau nx new kak kalau misalx hp sy bermaslah tentang walpaper yang warna menjadi hitam walaupun sdh di setting tapi tetap warna walpaper sy tetap warna hitam dan tdk ada gambar sama sekali

    Balas
  3. Saya mau nanya di fitur antivirus terdeteksi bahwa si pemakai telah menginstall sebuah aplikasi katakanlah namanya “aplikasi B” terinstall dan terhapus..hampir tiap hari aplikasi B terinform hal yg sama. Tanggal nya juga ada..Pertanyaanya apakah aplikasi B benar benar memang di install oleh si pemakai?? Mohon info nya ya..urgent please…thanks

    Balas

Tulis komentar...