Daftar alamat IP default gateway modem

Default atau Internet Gateway adalah alamat IP yang digunakan untuk mengakses internet, dan biasanya akan otomatis diberikan oleh server atau melalui DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) dari modem. Nah… kadang di Windows informasi ini bisa bermasalah, dan perlu disetting sendiri IP address untuk gatewaynya.

Masalah yang umum terjadi adalah Limited Access dan No Internet Access bisa disebabkan kesalahan konfigurasi default gateway ini. Saya sendiri sempat frustasi kenapa laptop Dell saya tidak bisa tapi handphone lancar. Padahal sama – sama menggunakan DHCP. Walaupun saya sudah mensetting IP address Windows secara manual, tapi ternyata kesalahan terjadi pada asumsi saya bahwa seluruh jenis modem alamat IP untuk internet gatewaynya sama di 192.68.1.1.

windows-7-tcp-ip-properties-dhcp-disabled

Jadi saya menuliskan ini juga untuk melakukan dokumentasi pribadi supaya tidak salah lagi. Akan saya buat daftarnya berdasarkan merek modemnya:

    1. TP-LINK: 192.168.1.1 (berdasarkan TD-8817 dan TD W8151N).
    2. ZTE: 192.168.1.1 (berdasarkan modem teman saya, lupa modelnya apa).
    3. Huawei: 192.168.1.254 (berdasarkan HG532e)

Semua modem diatas berasal dari pemberian gratis dari Telkom Speedy. Daftar ini juga masih sangat terbatas karena saya mengisinya berdasarkan modem yang pernah saya gunakan. Tentu saya akan update kalau mendapatkan informasi baru.

Biasanya IP address untuk gateway juga sama dengan akses ke halaman administrasi modemnya, jadi kalau alamat IP yang anda buka berbeda dibanding daftar diatas untuk mensetting modemnya maka kemungkinan besar gatewaynya juga lain.

Oh ya, namanya default gateway jelas ini merupakan alamat IP asli dari modem dan pada jenis tertentu juga bisa dirubah, umumnya dengan mengganti alamat IP yang dipakai modem juga akan mengubah alamat IP untuk internet gatewaynya.

Semoga membantu. 🙂

Satu pemikiran pada “Daftar alamat IP default gateway modem”

Tulis komentar...