Daftar istilah pada Torrent

Torrent merupakan salah satu cara mendownload file berukuran besar dengan cepat dan sudah semakin banyak di Indonesia yang menggunakannya dibanding mengunduh secara langsung dari file hoster. Protokol BitTorrent ini juga menjadi pilihan orang – orang untuk membagikan video, musik, game, program, iso Linux dan masih banyak lagi karena kehandalannya.

Cara mencari file torrent yang anda butuhkan sangatlah mudah, tinggal cari saja nama filenya ditambahi kata torrent maka akan langsung muncul linknya dengan ekstensi file *.torrent.

Sedangkan untuk mendownload lewat torrent anda membutuhkan program khusus memang, contohnya adalah: uTorrent, BitTorrent, Vuze, Deluge, Transmission dan masih banyak lagi. Saya sendiri sudah terbiasa menggunakan uTorrent untuk mendownload file torrent.

utorrent

Berbeda dengan cara download file konvensional yang tinggal Save As atau menggunakan Download Manager seperti IDM, pada Torrent ada beberapa konsep atau istilah yang baru dan ini perlu dimengerti apa artinya. Karena itu saya akan menuliskan beberapa kata atau istilah yang sering muncul dalam dunia torrent:

  • Availability – Adalah angka dari ketersediaan file yang didownload, nilainya bisa kurang dari satu atau lebih. Semakin besar maka semakin baik dan lebih besar kemungkinan selesainya
    Ini menunjukkan bahwa seluruh data yang ada apakah berhasil membentuk file utuh yang didistribusikan dengan protokol ini, jadi kalau nilainya adalah minimal 1 maka seluruh file yang ada dalam torrent adalah lengkap.
  • Client – Maksudnya adalah program yang berfungsi mendownload file melalui protokol BitTorrent, kadang anda bisa melihat bahwa komputer lain sedang menggunakan aplikasi client apa untuk mendownload file tersebut dan sedang terhubung dengan anda.
  • Hash – Bila anda perhatikan isinya adalah kumpulan angka dan tulisan, dan fungsinya adalah verifikasi dari data yang ada dalam torrent. Jadi jika ada data yang didownload gagal saat dibandingkan dengan nilai hashnya maka file tersebut rusak dan akan dibuang kemudian didownload ulang kembali.
  • Health – Rasio kesehatan dari suatu torrent, ini mirip dengan Availability diatas. Bedanya Health akan menggunakan sistem persen, jadi kalau dibawah 100% maka kecil kemungkinan file tersebut bisa selesai downloadnya.
  • Seed(er) – Adalah keadaan dimana komputer yang sudah mendownload sekarang melakukan proses upload, biasanya kalau sudah lengkap filenya. Secara umum semakin banyak seed maka semakin cepat downloadnya, dan file tersebut secara utuh sudah tersebar dengan baik.
    Kalau seednya cuma 1 maka artinya baru diupload, dan baru satu orang saja yang memilikinya secara lengkap.
  • Peer/Leecher – Istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan orang yang sedang mendownload torrent dan masih belum selesai, kalau mereka sudah berhasil mengunduh filenya sampai lengkap maka akan berubah menjadi seeder diatas.
  • Share ratio – Merupakan perbandingan dari seberapa banyak anda mendownload dengan seberapa besar anda mengupload, rasio 1 berarti download dan upload anda seimbang nilainya.
  • Magnet link – Salah satu metode penyebaran file torrent, bedanya tidak ada file yang perlu didownload melainkan program klien torrent akan membaca sistem penulisan link/urlnya dan akan otomatis mengenali apa isinya.
  • Tracker – Setiap file torrent yang anda download akan melaporkan keadaan filenya ke suatu server yang melacak setiap kondisi dari peernya, ini disebut tracker dan biasanya merupakan situs yang juga bertugas mencatat setiap file torrent yang ada.

Saya rasa beberapa istilah diatas sudah mencakup sebagian besar penggunaan normal Torrent, mengenai istilah teknis atau lainnya mungkin kalau anda penasaran silahkan bertanya kalau tidak ada dalam daftar diatas.

Tulis komentar...