Daftar lengkap uninstaller Antivirus

Antivirus atau antimalware adalah software keamanan wajib ada di komputer, dan saya yakin kita memiliki favorit masing – masing. Saya sendiri menjagokan ESET NOD32 sejak jaman kuliah dahulu dan sampai sekarang belum pernah mengecewakan. Kalau anda seperti saya sewaktu sering menguji coba program antivirus maka sebaiknya hanya ada satu saja yang aktif, dan menghapus instalasi antivirus bisa jadi masalah karena kadang ada yang tersangkut dan tidak bisa diuninstall.

Metode uninstall dari bawaan software tersebut atau add/remove program biasa malah tidak berhasil juga. Karena itulah kita harus menggunakan cara alternatif untuk membersihkannya secara tuntas dari Windows. Untungnya pada pembuat antivirus populer biasanya juga menyediakan tool uninstallernya juga, mungkin mereka juga sadar kalau proses uninstallnya kadang ngadat.

eset-nod32-file-system-activity-graph

Langsung saja berikut adalah daftar (semoga lengkap) dari uninstaller antivirus populer:
Alwil Avast

AVG

Avira

BitDefender

 

eScan

 

ESET NOD32

 

Kaspersky

 

MalwareBytes

 

McAfee

 

Microsoft Security Essential

 

Norman

 

Norton

 

Panda

 

TrendMicro

Daftar ini akan selalu saya update kalau ada yang baru atau belum ada. Kalau software antivirus yang anda gunakan tidak ada dalam daftar bisa dicoba Revo Uninstaller. Bila belum sukses juga maka silahkan berkomentar, memberi tambahan atau memberikan koreksi kalau ada kesalahan. 🙂

Tulis komentar...