Digital Attack Map: Melihat peta serangan DDoS di internet

DDoS (Distributed Denial of Service) adalah salah satu jenis serangan terhadap target di internet yang bertujuan supaya suatu layanan tidak bisa diakses oleh penggunanya atau minimal ada gangguan. DDoS ini cukup sering dilancarkan ke berbagai situs, layanan online atau server dan alasannya bervariasi mulai dari dendam pribadi, menghalangi persaingan, atau hanya mencoba saja.

Untuk melihat proses DDoS yang diilustrasikan didalam peta dengan keadaan real time (nyata) atau yang sedang terjadi saat ini maka anda bisa menggunakan situs Digital Attack Map. Akan muncul peta dunia, aliran atau arus data yang berpindah, dan catatan singkat mengenai apa yang terjadi. Kesan yang saya dapatkan adalah cukup berseni juga hasilnya.

digital-attack-map

Karena proses penyerangan DDoS ini memiliki ciri – ciri tertentu tergantung metodenya maka bisa dikenali siapa yang diserang, berasal darimana serangan tersebut, dan seberapa besar tingkatnya. Sayangnya tidak bisa diketahui siapa yang menyerang kalau tidak ada yang mengaku.

Anda bisa mengecek detail DDoS yang sedang terjadi dengan klik pada garis – garis yang muncul atau negaranya. Saat saya mencobanya ternyata ada serangan DDoS dari Indonesia menuju Perancis. 🙁

digital-attack-map-indonesia

Mungkin anda berpikir bagaimana cara melindungi situs dari serangan DDoS? Pada level paling dasar yang juga gratis anda menggunakan layanan seperti Incapsula atau CloudFlare, dan kalau mereka tidak bisa mengatasinya maka anda harus memakai layanan berbayar.

Tulis komentar...