Download Ninja: Memaksimalkan kecepatan download

Download manager tidak melulu harus menggunakan IDM (Internet Download Manager) yang merupakan software terpopuler di Indonesia untuk mempercepat proses download file. Apalagi IDM merupakan software berbayar sehingga banyak orang mencari cara untuk mendapatkannya dengan gratis… dan ilegal. :p

Sekarang sudahlah banyak program baru yang tidak kalah, salah satu yang saya gunakan adalah Download Ninja. Tampilannya yang elegan, modern dan didominasi warna hitam memang terkesan rahasia khas kemampuan ninja. Saya sendiri cukup menyukai desain tampilan yang beda ini dibandingkan software sejenis lainnya.

download-ninja

 

Salah satu ciri – ciri dari ninja adalah kecepatannya dan memang dengan mudah dibuktikan oleh Download Ninja. Koneksi internet saya yang 2MBPS langsung disikat habis untuk mendownload file. Grafik kecepatan download dapat dijadikan bukti bahwa download manager ini tanpa ampun memaksimalkan kecepatan download.
download-ninja-summary-window
Sistem pengunduhan filenya adalah dengan memecah – mecah satu file menjadi beberapa bagian, dan ini yang meningkatkan kecepatannya. Dan anda bisa menghentaikan proses download sementara kemudian dilanjutkan lagi dengan fitur resume.

Tapi kalau server file hostingnya tidak kuat melayani jumlah koneksi yang banyak atau tidak mampu melakukan penyambungan download maka saran saya kurangi jumlah koneksinya untuk mencegah resiko gagal download. Bukannya terakselerasi malah mengulangi dari awal bisa membuang waktu nantinya.

Anda dapat mengintegrasikannya dengan Internet Explorer, Mozilla Firefox atau Google Chrome, dan untuk browser lainnya Download Ninja bisa menangkap setiap url file yang diletakkan dalam clipboard (saat anda menekan tombol CTRL+C atau melakukan proses copy secara manual).

Kesimpulannya kalau anda membutuhkan download manager alternatif dari IDM tapi ingin yang gratis dan tidak kalah kemampuannya, maka Download Ninja bisa menjadi jawabannya.

Tulis komentar...