Download Valve SteamOS

Valve yang biasa kita kenal dengan platform distribusi game digital “Steam” telah mengeluarkan sebuah sistem operasi khusus untuk bermain game yang dinamakan SteamOS. Ini merupakan rencana jangka panjang Valve untuk meningkatkan dominasinya dalam penjualan dan manajemen game berbasis PC berbasis Windows dan Mac saat ini ke Linux dengan membuat sistem operasi yang khusus untuk itu.

SteamOS dikembangkan dari distro Linux Debian 7 dengan kode nama “Wheezy”, dan dioptimalkan untuk memainkan game dengan Steam yang sudah terintegrasi. Tapi anda masih bisa menginstall aplikasi Linux lainnya dan hampir semua program yang berjalan di Debian lancar dijalankan di SteamOS. Kedepannya Valve akan mengeluarkan PC yang sudah dipaketkan dengan SteamOS dengan nama SteamBox -? tapi anda tidak wajib membelinya kok, anda bisa membuatnya sendiri asal persyaratan hardwarenya telah dipenuhi.

valve-steamos

Sementara ini game yang dirancang untuk Microsoft Windows belum bisa dimainkan di SteamOS tapi ini akan berubah di masa depan karena SteamOS mampu memainkan game Windows dengan sistem streaming.

Spesifikasi minimal hardware SteamOS:

  • Processor: Intel atau AMD 64-bit capable processor
  • Memory: 4GB atau lebih
  • Hard Disk space: 500GB atau lebih
  • Video Card: NVIDIA graphics card (dukungan AMD dan Intel graphics cards masih dikembangkan)
  • Tambahan: UEFI boot support dan USB port for installation

SteamOS memanfaatkan UEFI yang ada di motherboard modern, jadi kalau komputer anda masih menggunakan BIOS maka tidak ada dukungan untuk itu. Perlu diingat saat ini SteamOS masih dalam versi Beta dan sebaiknya diinstall untuk pengujian saja. Dukungan hardwarenya juga masih terbatas tapi akan terus ditambahkan dan disempurnakan pada build setelahnya.

Ada 2 jenis instalasi SteamOS yang bisa anda pilih:

  • Default Installation – Ini adalah metode yang direkomendasikan oleh Valve, SteamOS akan diinstall dengan konfigurasi yang telah ditetapkan sebelumnya dan siap pakai.
  • Custom Installation – Sedangkan metode kustom akan menggunakan installer Debian dan nantinya anda bisa memilih komponen – komponen yang akan diinstall pada SteamOS.

Anda bisa mendownload SteamOS di lokasi berikut:

Nanti anda akan menemukan 2 jenis file setup SteamOS, SteamOSInstaller.zip untuk custom installation dan SYSRESTORE.zip untuk default installation. Oh ya untuk menginstall SteamOS membutuh USB Flashdisk dengan ukuran minimal 4GB dan sementara hanya cara ini yang didukung. Karena SteamOS berbasis Linux mungkin anda akan kebingungan awalnya karena tidak biasa menggunakan sistem operasi selain Windows, anggap saja menambah pengetahuan dan memotivasi semangat belajar Linux.

Tulis komentar...