DriverView: Melihat seluruh driver hardware yang dimuat Windows

Dalam menentukan apa yang salah dalam Windows, terutama masalah BSOD (Blue Screen of Death) kadang kita hanya bisa berharap pada kode error yang ditampilkan. Bisa jug ada hardware yang bermasalah karena drivernya belum diinstall, salah, rusak atau korup. Masalahnya bagaimana kita tahu pasti kalau drivernya memang sedang dipanggil dan diakses oleh Windows?

Kalau kita hanya mengandalkan Task Manager dijamin informasi yang muncul akan terbatas pada proses program dan servicenya, sedangkan driver sendiri dimuat oleh program lain di Windows sehingga yang muncul biasanya cuma 1 proses. Jelas kurang lah data – data yang dibutuhkan.

Biasanya saya menggunakan DriverView untuk melihat Windows sedang memuat driver hardware apa saja, dan memantaunya apakah masalah yang sama akan terjadi lagi kalau diuninstall atau diinstall lagi.
driverview

Dari tampilan aplikasi DriverView kita bisa dengan mudah mencari driver – driver tertentu, dan kalau yang kita cari adalah driver bukan buatan Microsoft maka bisa melihat nama driver yang memiliki warna background kemerahan pada barisnya.

Walau terus terang saya sendiri jarang memakai tool ini tapi kalau penyebab errornya sulit dicari maka bisa dikatakan wajib. Apalagi kalau kita ingin menghindari install ulang Windows atau mengganti hardware, biasanya memang tidak bisa diperbaiki dengan mudah errornya karena berhubungan dengan perangkat keras.

Semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “DriverView: Melihat seluruh driver hardware yang dimuat Windows”

Tulis komentar...