Duplicator: Backup, kloning dan migrasi WordPress

Membuat backup website di cPanel atau khususnya di WordPress merupakan hal yang mudah tapi cukup merepotkan. Selain kita harus membuat arsip dari seluruh file yang ada dalam hosting juga jangan sampai melupakan database MySQLnya. Belum lagi kalau kita ingin melakukan migrasi situs WordPress kita, jelas kita akan melakukan transfer file dan databasenya melalui FTP.

Kalau anda sedang mengalami masalah yang serupa maka ada sebuah plugin WordPress yang akan membantu anda: Duplicator. Sistem penggunaan plugin ini sangatlah mudah, kita tinggal membuat packages (paket) backup dari website WordPress anda. Bahkan kalau anda hanya membuat backup maka tinggal tekan Next berulang kali dan tunggu proses pembuatan backupnya selesai.

wordpress-duplicator-building-package

Lama prosesnya cukup singkat dari percobaan saya, dari total 51.3MB akan menjadi 23.71MB dalam waktu 23 detik saja.

Sebuah package Duplicator akan berisi:

  1. Duplikat dari seluruh file yang ada dalam situs WordPress tersebut yang dikompres menjadi arsip ZIP.
  2. Backup database dalam bentuk file SQL.
  3. (Opsional) File installer dari backup. Ini berguna untuk melakukan pindah hosting atau mengganti nama domainnya.

wordpress-duplicator-packages-list

Misalkan anda berniat melakukan migrasi WordPress dengan memanfaatkan Duplicator maka hasil kloning diatas silahkan anda upload atau transfer ke hosting yang baru. Masukkan file zip dan installer.php, kemudian jalankan script installer. Nanti anda akan tinggal mengisikan username dan password database MySQL yang baru, sedangkan isi wp-config.php dan .htaccess akan disesuaikan secara otomatis mengikuti setting yang telah anda tentukan.

Secara keseluruh Duplicator menyediakan solusi all-in-one dalam kebutuhan backup dan migrasi WordPress secara mudah, aman, dan cepat. Kalau anda membutuhkan plugin backup WordPress tanpa repot maka Duplicator adalah jawaban yang tepat, apabila anda membutuhkan sinkronisasi dengan DropBox atau Google Drive maka saya menyarankan UpdraftPlus.

2 pemikiran pada “Duplicator: Backup, kloning dan migrasi WordPress”

Tulis komentar...