Apa efeknya bintang satu pada aplikasi?

Ini cerita lama sebenarnya tapi saya baru saja teringat hari ini. Biasanya kalau ada aplikasi yang sedang viral karena buruknya maka para netizen akan ramai-ramai memberikan bintang satu untuk menyuarakan kekecewaannya.

Rating buruk secara massal ini pernah terjadi pada aplikasi Indodax, TikTok, Ragnarok Mobile Eternal Love, Robinhood, Zoom dan seterusnya. Tergantung sedang ada masalah apa masing-masing aplikasinya untuk kebanjiran review bintang 1 ini.

Tapi apakah ada efeknya? Maksud saya bukan reputasinya jadi jelek, ini jelas negatif. Lebih ke apakah ada resiko aplikasinya dihapus dari Play Store atau App Store?

Jadi karena penasaran saya cari tahu sendiri jawabannya. Singkatnya walau tidak ketemu aturan yang menjelaskan secara spesifik apabila suatu aplikasi kena bom review, tapi juga tidak ada kebijakan bahwa app dengan skor buruk akan otomatis dihapus. Aman ceritanya.

Karena bintang 1 massal ini jelas tidak wajar nanti sistem Google atau Apple akan otomatis membersihkannya secara bertahap. Nanti akan normal kembali akhirnya.

Dari sisi developernya nanti akan dapat notifikasi bahwa aplikasinya rating akumulatifnya sudah di bintang satu. Harap diperiksa. Nanti pengembangnya bisa melaporkan setiap ulasan yang dirasa aneh atau mungkin dari kompetitor.

Tapi setidaknya ada satu cerita khusus di Cina bahwa ada aplikasi edukasi DingTalk yang kena masalah serupa, dan katanya memang sempat lenyap di app store lokal disana. Jadi sifatnya regional walaupun benar ada sistem seperti itu. Dan tidak lama dipulihkan lagi aplikasinya.

Tinggalkan komentar