EverLive.net: Solusi backup website gratis komplit

Konten dan database dari website merupakan hal terpenting yang harus dipersiapkan oleh setiap pemilik website. Memang sangat jarang kita membutuhkan backup dari data situs, tapi anda akan bersyukur telah membuatnya saat terjadi masalah baik karena kesalahan anda sendiri atau dari penyedia web hosting.

Kalau anda menggunakan WordPress maka bisa memakai Duplicator atau UpdraftPlus, tapi teman saya bertanya bagaimana yang tidak memakai CMS? Nah… saya mendapatkan satu buah layanan backup website bernama EverLive.net yang tugasnya adalah membuat cadangan seluruh file – file website anda berikut databasenya, dan ini bisa digunakan secara gratis.

Yang perlu anda lakukan adalah mendaftarkan sebuah akun dan kemudian menambahkan alamat website anda. Setelah itu silahkan tunggu konfirmasi dari EverLive, memang cara mengaktifkan per situs adalah manual karena akan dicek terlebih dahulu. Biasanya dalam 1×24 jam sudah dibalas.
everlive-net
Setelah itu anda tinggal mengisikan detail akun FTP untuk hosting anda, ini supaya EverLive bisa mengakses file – file website anda. Saat ini hanya PHP yang didukung. Untuk database sementara hanya mampu membackup MySQL. Tapi PHP dan MySQL adalah kombinasi teknologi web yang digunakan 90% lebih dari situs – situs yang ada.

EverLive untuk layanan gratisnya sudahlah mencukupi kebutuhan kita sebagai pemilik website untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan dari backup website. Bila anda ingin lebih menyeluruh lagi maka bisa menggunakan fitur berbayarnya seperti Auto Backup supaya proses backup berlangsung terjadwal dan otomatis. Tidak ada batasan kuota disk space dan bandwidth setahu saya.

Tulis komentar...