Firemin: Mengoptimalkan penggunaan memori Mozilla Firefox

Pernah melihat penggunaan memori Mozilla Firefox? Kalau belum silahkan cek melalui Task Manager dan kalau anda sedang membuka banyak halaman website pasti terkesima akan berapa MB (atau bahkan GB) RAM (Random Access Memory) yang dipakai. Bahkan menurut saya RAM kapasitas besar lebih banyak dipakai browser daripada untuk game di Windows.

Efek negatif dari konsumsi memori yang cukup besar ini bisa melambatkan kinerja komputer, dan oleh Firefox tidak akan otomatis dilepaskan walau halamannya sudah ditutup. Karena itulah sebuah software tambahan perlu digunakan untuk membebaskan dan mengoptimalkan RAM yang digunakan oleh Firefox. Salah satunya adalah Firemin yang bisa menjinakkan si rubah api ini.

Firemin akan secara rutin mengecek setiap memori yang dipakai oleh Firefox dan kalau sudah tidak digunakan maka akan dibebaskan sehingga bisa dipakai aplikasi lain.

firemin

Secara normal biasanya di komputer saya Firefox akan mengkonsumsi 800MB RAM dengan 10an tab yang aktif, bayangkan kalau anda suka browsing lebih banyak situs. Nanti setelah dijalankan maka penggunaanya akan ditekan semaksimal mungkin tanpa mengganggu kerja Firefox. Saran saya silahkan dicoba dahulu dan kalau terasa efeknya maka silahkan gunakan seterusnya.

Satu pemikiran pada “Firemin: Mengoptimalkan penggunaan memori Mozilla Firefox”

Tulis komentar...