Gagal terhubung ke komputer lain dalam jaringan

Sekarang memang semakin mudah membuat jaringan komputer atau perangkat di rumah dan kantor. Bahkan cukup pakai WiFi dari modem gratisan ISP saja sudah saling tersambung. Walaupun untuk beberapa kebutuhan penggunaan kabel LAN lebih menjamin stabilitas dan kualitas koneksinya. Kali ini saya lebih ke arah share pengalaman saja daripada memberikan solusinya, siapa tahu bisa jadi bahan pembelajaran. 🙂

Jadi kasusnya ada 3 PC yang saling terhubung lewat kabel dan setelah satu komputer yang fungsinya sebagai file server diinstall ulang ke Windows 8.1 muncul masalah. Jadi pada saat harddisk yang sudah dishare di network akan dibuka dari komputer lain (Windows 7) malah error dan muncul jendela Windows Security.

windows-security-username-password-incorrect

Pesan kesalahannya sih “The user name or password is incorrect.”, sepele mestinya karena ada kesalahan dalam loginnya. Solusinya tinggal cek ulang user account atau ganti lagi ke yang baru. Ternyata tidak semudah itu. Anehnya setiap kali setelah direstart dan baru masuk ke Windows bisa dibuka harddisknya dari PC lain, tapi tak lama kemudian langsung error lagi. Saya tambahkan juga semua komputer ini bisa online, jadi koneksi internetnya normal. Dan menggunakan Dropbox untuk sharing data tidaklah optimal untuk penggunaan bandwidthnya.

Dari sana saya bisa mengerucutkan dimana penyebabnya. Pasti ada sesuatu yang ikut aktif pada saat startup Windows. Dan langsung saya coba matikan satu per satu yang dirasa tidak penting atau tidak berhubungan. Apa pelakunya? Ternyata Windows Firewall yang memblokir semua koneksi yang masuk ke komputer tersebut, memang fitur keamanan tapi kalau pas dibutuhkan untuk sharing di network malah jadi halangan. Haha. 😀

Oh ya, kalau anda menggunakan antivirus yang ada firewallnya maka bisa coba ikut dinonaktifkan untuk menjamin tidak ada filter atau batasan untuk setiap koneksi.

Tulis komentar...