Ganti rugi paket Anteraja yang hilang atau rusak

Seiring ramainya penggunaan jasa ekspedisi Anteraja yang bermitra dengan Tokopedia dan Shopee, tentu tingkat komplainnya juga ikut naik. 😀 Salah satu masalah yang bisa jadi dialami pelanggan adalah masalah paket yang dikirimkan hilang atau rusak dalam perjalanan. Terus bagaimana selanjutnya?

Sebenarnya dari informasi syarat dan ketentuan kurir Anteraja sedikit dijelaskan soal apa-apa saja yang ditanggung apabila ada kerusakan/kehilangan, berapa nominalnya dan bagaimana prosedur klaim ganti ruginya.

logo anteraja

Saya kutip dibawah.

Pengirim bertanggung jawab untuk melindungi Paket dengan asuransi yang memadai dan menanggung biaya premi yang berlaku. Batasan tanggungjawab ANTERAJA apabila terjadi kehilangan atau kerusakan atas Paket, penggantian yang diberikan senilai Paket yang dinyatakan oleh Pengirim (dengan menyediakan bukti transaksi/invoice asli) atau sebesar 10 kali biaya pengiriman, mana yang lebih rendah, dengan maksimal penggantian sebesar Rp.1.000.000,- (satu juta rupiah)/kejadian/Resi untuk Paket selain dokumen dan sebesar Rp100.000,- (seratus ribu rupiah)/kejadian/Resi untuk Paket berupa dokumen. Batas waktu permohonan penggantian paling lambat 14 (empat belas) hari kalender setelah tanggal Paket tersebut seharusnya telah diterima di tujuan untuk kehilangan total atau pada hari yang sama pada tanggal penerimaan Paket untuk kerusakan / kehilangan sebagian.

Intinya:

  1. Maksimal uang ganti rugi untuk barang adalah sebesar 1 juta rupiah atau 10 kali ongkos kirim, diambil yang paling rendah. Misalkan barangnya hot wheels seharga 31 ribu dan ongkir 7 ribu. Maka yang diberikan ke pengirim adalah harga mainannya, bukan 10×7.000= 70.000.
  2. Sedangkan untuk dokumen, misal seperti KTP/SIM/Kartu Keluarga/Paspor dan seterusnya, cuma ditanggung maksimal 100.000 atau 10 kali ongkir. Mana yang paling kecil perhitungannya.
  3. Klaimnya si pengirim harus menyertakan invoice asli.
  4. Proses pengajuannya tidak boleh lewat 14 hari sejak kirimannya diketahui hilang atau rusak.

Ini pertanggungjawaban bawaan jasa Anteraja ke semua pengirimannya. Jadi bukan asuransi, kalau isinya barang berharga atau mahal lebih baik minta ditambahkan asuransi supaya tercover penuh nilainya.

Untuk keterangan lebih lanjut bisa kontak customer servicenya:

Ada pengalaman dengan proses ganti rugi Anteraja? Jangan sungkan untuk berbagi! 🙂

5 pemikiran pada “Ganti rugi paket Anteraja yang hilang atau rusak”

    • Ini seller tokopedia mbak?

      Langsung saja ajukan komplain lewat pesanan yang bermasalah. Nanti akan dimediasi dengan tim csnya. Kalau ideal, penjual dan pembeli sama2 dapat ganti ruginya. Sertakan konfirmasi bahwa barangnya hilang dari anteraja, bisa dari screenshot hasil cek resinya. Siapkan bukti2 seperti foto/video sebelum dan saat dipacking. Ini kadang diminta Anteraja.

  1. Pertama kali hilang kirim pesanan pakai anteraja via shopee. Total barang 405rb. Hanya diganti senilai ongkir dikali 10 jd hanya 90rb. Dan pengiriman hanya ke Bekasi bisa hilang. 90rb utk kain nya saja tdk nutup. Gulung tikar penjual kalau semua ekspedisi kaya gini 🙁

    Balas

Tinggalkan komentar