Google Authenticator bermasalah?

Untuk jenis akun – akun tertentu yang membutuhkan keamanan lebih, maka 2FA (Two Factor Authentication) bisa jadi solusinya. Sedangkan metodenya sendiri bisa lewat SMS (kadang ada yang bayar) atau email atau pakai aplikasi hp. Salah satu yang populer itu adalah Google Authenticator di Android.

Sayangnya saya ga berjodoh dengan app satu ini, padahal di situs Bitcoin.co.id daripada bayar biaya SMS lebih baik pakai sistem 2FA, tapi selalu gagal saat verifikasi kodenya. Malah sudah nyerah. 🙁

Usut punya usut tampaknya sistem waktu handphone saya Xiaomi Redmi Note 3 Pro ada masalah terhadap akurasinya atau apapun yang dibutuhkan Authenticatornya. Mengganti jam atau sumber waktu dari operator juga bukan solusi.

Tapi karena saya serius ingin memaksimalkan keamanan akun, otomatis mencari cara mengatasinya. Anda juga mengalaminya? Jadi sekalian saya share solusi yang saya pakai sampai sekarang ada dengan menggunakan aplikasi alternatif: Authy. Yang cara menggunakan sama mudahnya, tinggal scan barcode dan nanti akan dikenali ini untuk verifikasi akun apa.

Sudah itu saja. 🙂 Oh ya, Authy ini ada fitur backup ke server mereka, yang secara teori apabila kita mengalami masalah maka dengan kredensial yang tepat semua informasi yang disimpan didalamnya bisa dipulihkan lagi.

Leave a Reply