Gyazo: Rekam apa yang muncul di layar menjadi gambar atau video

Membuat screenshot di Windows sangatlah mudah, tinggal menekan tombol Printscreen dan paste hasilnya dalam Paint kemudian simpan maka sudah selesai prosesnya. Selanjutnya untuk membagikan ke teman anda tinggal upload atau attach melewati email. Jika ini hanya kadang – kadang saja tidak akan mengganggu tapi kalau cukup sering anda lakukan maka sebaiknya menggunakan tool khusus seperti Gyazo.

Gyazo sendiri merupakan alternatifnya tapi dengan kelebihan merekam aktivitas di layar menjadi file animasi GIF atau sebuah video.

gyazo-screenshot

Langsung saja anda download installernya, dan nanti anda bisa mulai menangkap apa yang tampil dengan menekan tombol CTRL+SHIFT+C menjadi gambar PNG atau untuk merekam apa yang terjadi di layar menjadi video animasi GIF gunakan CTRL+SHIFT+G. Kedua tombol hotkey ini bisa diganti tentunya.

Untuk mengupload gambar atau video hasil tangkapannya silahkan klik kanan pada filenya dan pilih Send to Gyazo.

send-to-gyazo

Nanti setelahnya browser default anda akan otomatis dijalankan dan membuka link berisi file yang diunggah sebelumnya. URL yang ditampilkan inilah yang bisa anda bagikan ke teman anda.
gyazo-sent-image-link

Kesimpulannya kalau anda membutuhkan aplikasi untuk membuat screenshot dan otomatis menguploadnya maka Gyazo bisa menjadi solusinya, tapi kalau anda butuh fitur yang lebih lengkap seperti menambahkan anotasi dan editing sederhana lainnya maka LightShot akan lebih cocok – sayangnya belum ada dukungan merekam animasi GIF setahu saya.

Tulis komentar...