Cara menghapus akun Gmail

Advertisements

Gmail adalah layanan webmail paling populer saat ini mengalahkan Yahoo si raja lama dan Outlook dari Microsoft. Ini dikarenakan dengan membuat akun Google baru di Android maka otomatis alamat email baru yang jelas layanannya dari mereka juga.

Dengan memanfaatkan produk surat elektronik ini, secara tidak sadar kita memberikan akses untuk Google memahami apa isi percakapan kita dan mengirimkan iklan yang tertarget secara lebih akurat. Tentu ini akan terasa seperti pelanggaran privasi, tapi kita sudah memberikan hak untuk itu dengan menggunakan layanannya.

Saya ingin menghapus akun Gmail

Sebelumnya saya tekankan ini adalah prosedur untuk menutup akun Gmail saja, jadi alamat email anda ([email protected]) akan hilang secara permanen. Jelas tidak bisa digunakan lagi setelahnya.

Tapi akun Google anda masih bisa dipakai. Jadi data-data anda di layanan lain seperti Drive, Google Play Store, YouTube dan sebagainya bisa digunakan seperti biasanya.

Advertisements

Cara menghapus akun Gmail

  1. Login ke Kelola Akun Google Anda disini: https://myaccount.google.com/
  2. Pindahkan ke bagian Data & Personalisasi.
  3. Cari bagian Download, hapus, atau buat rencana untuk data Anda.
  4. Kemudian klik Hapus layanan atau akun Anda.
  5. Klik menu Hapus layanan. Anda akan diminta login lagi sebagai verifikasi.
  6. Selanjutnya pilih icon tong sampah disamping Gmail.
  7. Isikan alamat email baru yang ingin digunakan sebagai id login akun Google anda. Sebaiknya pakai dari @yahoo.com, @outlook.com, @live.co.id dan seterusnya, jangan dari Google lagi karena sama-sama Gmail.
  8. Klik Kirim Email Verifikasi.
  9. Cek surel yang masuk di alamat email tadi, setelah dikonfirmasi akan terhapus akun Gmailnya.

Saya sarankan anda membuat backup data dulu dan mengunduhnya sebelum menghapus layanan apapun.

Saya berubah pikiran, bagaimana mengembalikan akun Gmail?

Kalau akun Gmail yang dihapus sebelumnya aktif digunakan dan belum sempat memindahkan registrasi aplikasi atau situs lain ke email yang baru memang bisa fatal akibatnya. Kita bisa kehilangan akses ke berbagai macam service yang terpakai dulunya. Atau anda memang ingin menggunakan kembali alamat gmail anda kembali.

Kita bisa memulihkan akses ke Gmail lama tapi tidak ada jaminan apapun pasti berhasil. Keputusan ada di tim Gmail akan menyetujui permintaan anda atau tidak, kita hanya bisa mengajukan saja.

Advertisements

Cara memulihkan akun Gmail yang terhapus

  1. Buka link ke Gmail dulu: https://mail.google.com/
  2. Coba login dengan akun lama anda.
  3. Klik Lupa Email?
  4. Ikuti langkah-langkahnya. Beberapa syarat akan diminta seperti nama email, nomor hp, tanggal dibuatnya akun dan sebagainya. Jawab seakurat mungkin walau lupa.

Ya proses yang dijalankan persis dengan lupa nama email dan lupa password. Selama anda menghapus akun Gmail belum lama, dalam hitungan hari atau semingguan masih ada kemungkinan besar sukses.

Akhir Kata

Untuk membatalkan akun Gmail itu langkah-langkahnya mudah, cuma butuh verifikasi kepemilikan saja. Tapi harap pertimbangkan apakah email ini terpakai aktif atau penting tidak? Karena alamat email adalah saluran utama komunikasi online. Dan kalau ada yang terlupa, bisa jadi masalah besar kedepannya.

Kalau anda merasa penghapusan layanan Gmail saja itu “nanggung” dalam melindungi data pribadi, maka bisa sekalian akun Googlenya dimusnahkan secara permanen.

Advertisements

Tinggalkan komentar