Hapus instalasi program Windows secara massal dan tanpa gangguan

Salah satu hal yang menjengkelkan saat maintenance komputer kantor atau teman adalah membersihkan Windows dari program – program tidak penting yang bisa berpengaruh buruk terhadap kestabilan sistem dan juga performanya. Tidak harus virus atau malware, seringnya pembajak browser atau toolbar. Walau sudah diinstall antivirus pun kadang kurang ampuh melindungi komputernya.

Karena hal ini sudah menjadi siklus rutin tiap beberapa bulan sekali jadi capek dan repot kalau harus uninstall satu per satu, juga membuang waktu menunggunya selesai. Dulu sih andalan saya adalah Revo Uninstaller yang bisa membantu kita menghapus instalasi software – software yang bandel, tapi untuk secara massal cuma ada di versi berbayarnya.
bulk-crap-uninstaller

Nah saya ketemu program yang memberikan solusi, namanya Bulk Crap Uninstaller. Saat pertama kali dijalankan akan muncul daftar software yang dikenali. Untuk menghapus instalasinya tinggal pilih nama aplikasinya, bisa satu atau lebih dan kemudian klik kanan. Supaya tidak muncul notifikasi atau membutuhkan interaksi dengan manusia saat proses pembersihannya maka pilih Uninstall quietly.

bulk-crap-uninstaller-uninstall-progress

Nanti akan muncul berbagai macam jendela program, jangan diklik dan biarkan saja karena prosesnya otomatis. Ini kalau anda memilih tipe uninstall yang sama dengan saya lho.

Setelah itu akan ada opsi untuk membersihkan file – file yang tertinggal, ini bisa diabaikan kalau anda tidak yakin. Karena kalau salah malah akan membuat sistem operasi rusak. Hati – hati saja dan teliti sebelum mengeksekusinya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...