Cara menghapus link Bitly

Singkat cerita Bitly itu layanan pemendek link yang umum dipakai untuk memudahkan pembuatnya untuk menyebarkan link singkat dari yang sebelumnya panjang dan tidak mudah diingat.

Mungkin anda ingin mencari tahu ada tidak caranya untuk menghapus link yang sudah tidak terpakai atau kadaluarsa. Misalkan tautannya menuju pendaftaran event, sudah ditutup tapi masih ada peserta yang sukses masuk.

bitly

Jawabannya adalah kabar buruk. Sampai saat ini link pada Bitly itu sifatnya permanen dan tidak bisa dihapus. Selama ada orang yang tahu format urlnya tetap akan bisa mengakses tujuannya.

Bagaimana kalau disembunyikan? Ya, ada fitur Hide pada Bitly tapi ini konyolnya cuma menghilangkan bitlink tersebut dari akun anda, masalahnya fungsinya tetap normal.

Bagaimana kalau linknya diedit? Betul, link yang sudah dipendekkan masih bisa diganti teksnya. Misal bit.ly/hapus-link menjadi bit.ly/hapus-link-bitly. Yang lama tidak terpakai bukan?

Kabar buruk kembali, link lama itu masih bisa diakses dan tetap menuju tujuan sebelumnya. Bahkan format url default yang acak (bit.ly/3dY9TuB) akan permanen ada setelah diganti namanya.

Jadi apa solusinya? Berdasarkan fitur-fitur yang disediakan oleh Bitly saat ini maka cara mengatasinya cuma dengan memanfaatkan fitur Redirect. Yang merupakan fitur berbayarnya.

Kalau anda memang merasa fungsi ini penting bisa berlangganan satu bulan saja untuk mengedit semua link bitly yang sudah tidak terpakai lagi.

Tinggalkan komentar