Cara install driver Intel HD Graphics terbaru

Tulisan ini tujuannya hanya mengenalkan saja dan terus terang kalau integrated GPU Intel anda tidak pernah terjadi masalah bisa diabaikan. Tapi bisa jadi pertimbangan kalau ingin mendapatkan driver versi terbarunya dengan lebih mudah.

Sejak Windows 10 menyediakan download driver semua perangkat maka asalkan ada internet sudah tidak perlu pengguna repot-repot menyiapkan DVD drivernya. Tinggal tunggu saja nanti dimutakhirkan sendiri semuanya.

Tapi versi terbaru di server Microsoft itu belum tentu memang yang paling baru tersedia saat ini. Bahkan karena iseng tadi ini saya baru sadar driver Intel HD 5500 di laptop ini (Dell Inspiron 3558) yang terpasang rilis 2019 padahal sampai 2021 masih disupport.

Sekarang tinggal download saja, tapi kalau yang awam kadang bingung mau download yang mana karena banyak tipenya dan kurang paham soal komputer.

Cara mengatasinya pakai software autopilot saja, ini resmi kok. Langsung saja unduh Intel Driver & Support Assistant. Pasang dan jalankan.

intel dsa

Kalau dideteksi ada update tersedia maka akan membuka jendela browser seperti cuplikan screenshot diatas. Nanti akan muncul spesifikasi komputernya dan daftar update driver yang bisa diunduh apabila ada.

Simple kan?

Saat ini Intel DSA mendukung sistem operasi Windows 7, 8, 8.1, dan 10. Sedangkan browsernya Chrome, Firefox dan Edge.

Keunggulannya pakai aplikasi ini kita tidak perlu bingung soal tipe CPU dan GPU Intelnya. Nanti akan dicek speknya dan dicarikan otomatis kelengkapan software drivernya. Jadi tidak mungkin salah. Cuma butuh kuota internet saja.

Tinggalkan komentar