Cara menjalankan PowerShell di Windows 10

PowerShell bisa dikatakan upgrade dari command prompt yang kemampuannya untuk sekarang sudah terbatas. Dengan akses ke sistem operasi lebih dalam dan terintegrasi, maka apa yang dulu tidak bisa atau sulit dilakukan dengan cmd saat ini bisa dilakukan.

Ada beberapa cara untuk memanggil Power Shell tapi akan saya sebutkan yang menurut saya termudah saja, yang sudah mencakup 99% kebutuhan pengguna Windows 10. Praktis dan cepat.

Pakai hotkey

Ini mudah sekali, langsung tekan tombol Windows + X di keyboard. Maka akan muncul menu Power Users, 2 opsi Windows PowerShell akan tampil dan satunya adalah menjalankannya pakai hak administrator.

windows 10 power users menu

Lewat icon Start Menu Windows

Ini kalau males tekan-tekan tombol. Pada icon Windows di Start Menu, yang pojok kiri bawah langsung klik kanan saja. Akan muncul opsi yang sama dengan diatas. Beda cara, sama tujuannya.

Cari lewat Start menu

Klik Start Menu atau tekan tombol Windows. Langsung ketikkan “powershell” dan pencarian aplikasi/file akan berlangsung, powershell jelas akan menjadi salah satu hasilnya. Klik saja.

Gunakan Run Dialog

Ini adalah cara klasik sejak Windows jadul, panggil lewat Run Dialog. Tekan Windows+R dan isikan powershell dan ENTER. Maka akan langsung masuk ke aplikasinya.

Banyak jalan menuju Roma, dan memang untuk memanggil aplikasi PowerShell tidak hanya terbatas cara-cara diatas saja. Dan untuk kasus spesifik kadang perlu solusi alternatifnya.

Sekian dan semoga membantu.

Tinggalkan komentar