Mengenal jam kerja ID Express

ID Express jadi pilihan utama saat belanja di Shopee karena alasan sederhana: kadang cuma satu-satunya pilihan saja untuk free ongkir, atau dipilihkan otomatis sistem dan kita lupa mengganti kurirnya.

Kalau anda membaca ini tentu penasaran ingin tahu soal jam kerja ID Express. Kita bedakan jadi 2 hal: Jam operasional cabangnya dan pengiriman oleh kurirnya, ini lain soalnya.

Jam kerja cabang IDExpress

Jam buka dan tutup dari cabang ekspedisi ini (FB, TH, MH) untuk melayani pelanggan adalah sesuai normalnya operasional sehari-hari. Umumnya jam 9.00 sudah buka dan jam 18.00 tutup.

Tidak ada perbedaan signifikan dengan toko atau kantor lainnya. Tapi jangan kecewa dulu, karena ini bukan berarti paket anda telat sampainya. Hal ini tidak akan berpengaruh kecuali anda ingin mengambil sendiri kirimannya ke agen IDExpress.

Jam kerja kurir ID Express

Untuk pengiriman paket ke alamat penerima, maka kurirnya memiliki jam kerja mulai dari 08.00 sampai 23.00 malam hari. Dari gudang akan langsung ke dijadwalkan kurirnya, jadi cabang tutup pun tidak akan jadi masalah.

Sedangkan untuk layanan jemput barang dari pengirim (pickup) sama mulainya dari jam 8 pagi tapi hanya sampai jam 21.000 malam saja. Tapi dari pengalaman kalau sudah lewat jam 7 malam biasanya pengambilan barang akan gagal, dan dicoba lagi besoknya dengan waktu lebih awal.

Estimasi waktu pengiriman

Saat anda cek ongkir atau hanya melihat status order di online shop maka kadang disertakan perkiraan waktu pengirimannya dari seller ke pembeli. Umumnya makan waktu 3-5 hari untuk satu pulau. 2 hari kalau satu kota atau tetangga.

Disini saya cuma menginformasikan bahwa estimasi hari dari ID Express itu tidak termasuk hari sabtu, minggu dan hari libur nasional.

Contohnya kalau kirim hari jumat dengan estimasi 3 hari. Maka hitungnya jumat-senin-selasa, dimana paling telat itu selasa.

Tapi bukan berarti pasti lama, karena ID Express tidak pernah libur (sampai kiamat kabarnya) maka minggu bisa diantarkan. Fungsi perhitungan diatas adalah untuk komplain agar menunggu sampai batas terakhirnya, karena saran dari customer servicenya pun akan sama. Sistem mereka seperti itu.

Tambahan untuk kasus istimewa

Tentu saja semua jadwal diatas dengan asumsi beban kerja normal. Untuk periode tertentu seperti lebaran yang jumlah kirimannya membludak atau Shopee dan Tokopedia ada event jualan yang massal biasanya semua proses pengiriman akan terkena dampaknya. Otomatis jadi lebih lama. Ini istilahnya overload dan solusinya cuma bisa sabar menunggu paketnya.

Tinggalkan komentar