JNE YES itu belum tentu sehari sampai lho

Pas lihat lapak olshop anda tertarik satu barang dan ingin barangnya di tangan? Biasanya tanpa pikir panjang langsung pilih JNE YES (Yakin Esok Sampai) supaya besoknya sudah diterima. Harapannya sih begitu. Nambah biaya untuk ongkir asal cepat datang bukanlah masalah. Akan tetapi kenyataan di lapangan bisa berbicara lain.

Saya kutip dulu apa sebenarnya jenis kiriman YES ini:

JNE YES adalah layanan pengiriman premium dengan target kiriman sampai di tujuan pada keesokan harinya termasuk pada hari Minggu dan libur nasional. Layanan YES memberikan jaminan biaya kirim kembali apabila kiriman tidak diterima pada keesokan harinya melewati pukul 23:59.

Anda bisa menggunakan layanan YES di setiap cabang dan agen JNE. Layanan YES hanya berlaku untuk kota-kota yang telah ditentukan oleh JNE Pusat. Anda dapat melacak status pengiriman dan informasi penerimaan menggunakan JNE airway bill number melalui website JNE.

Dari sini: http://www.jne.co.id/id/produk-dan-layanan/jne-express/yes-yakin-esok-sampai
Jadi kalau dibandingkan perbedaannya dengan REG dan OKE adalah kecepatan pengiriman dan selisih harga per kg 10ribuan lebih mahal maka biasanya kita masih menerima supaya paketnya datang lebih cepat.

Ilustrasinya misal barangnya dikirimkan siang hari ini maka idealnya paling telat besok sore sudah diantarkan kurirnya. Dari pengalaman saya memang sering terjadi akurat dengan estimasinya, ini dari Jakarta ke Malang.

Nah… saya ada beberapa pengalaman dan juga share dari orang lain soal kecepatan kirim YES ini. Memang bisa lebih lama dari 1 hari.

  1. Kalau kirimnya mendekati akhir minggu ada kemungkinan baru diantarkan hari Seninnya. Karena pengiriman prioritas YES pada hari libur kadang kalau terlalu banyak (overload) jadi telat.
  2. Untuk pengiriman keluar pulau, ini kalau tujuannya bukan kota keberangkatan/kedatangan yang dipakai JNE seperti Jakarta atau Surabaya dan seterusnya maka masih perlu transit lagi. Ini bisa lebih lama lagi.
  3. Alamat penerima tidak dekat JNE Pusat di wilayahnya, atau datangnya barang pas hari Minggu. Walaupun memang benar ada pengantaran tapi kadang tertunda. Apalagi yang alamatnya bukan di kota, ini berharap yang terbaik saja.
  4. Lokasi pengirim juga berpengaruh, kalau di kota dan dekat pusat ya besar kemungkinan cepat dikirimkannya. Jadi sebaliknya dari penerima.
  5. Kadang JNE memang menerima kiriman YES untuk rute yang ditentukan, tapi jangan kaget kalau ada update status diganti menjadi REG karena kenyataannya tidak.

Sekarang ternyata kiriman YES anda sudah lewat 1 hari. Apa yang bisa dilakukan? Ada kompensasinya tidak? Paling mudah apabila sudah datang di kota anda (hasil cek resi) bisa menunggu atau datang ke JNE terdekat. Soal ganti rugi, cuma ongkos kirim saja dan ini harus diklaim setelah 24 jam barangnya dikonfirmasi belum diterima.

Mungkin anda sekarang ragu dan ternyata ada kebutuhan yang benar – benar urgent agar kirimannya sampai dalam 1 hari. Kalau memang harus sangat cepat tiba maka bisa coba jenis layanan SS (Super Speed) ini kiriman langsung diberangkatkan selama ada jadwal penerbangan tanpa menunggu barang lainnya yang satu tujuan. Dan tarifnya jauh lebih mahal.

Bagaimana dengan pengalaman anda? Ada kasus yang bisa dishare?

382 pemikiran pada “JNE YES itu belum tentu sehari sampai lho”

  1. mau sedikit curhat sih.
    saya juga paket nya dikirim tanggal 3 juni infonya tanggal 4 atau 5 juni sampai ehhh sampai saat ini 7 junj paketnya belum diterima, yang bikin sedih paketnya isinya makanan (rendang, sambel tempe, dll).
    terus saya minta untuk pengembalian biaya pengiriman, saya telpon jne customer service nya infonya minta agar diemailkan ktp, resi pengiriman dan buku tabungan uda dikirim via email, terus saya telpon laagi niatnya buat konfirmasi ehhh bilangnya harus kecabangnya langsung.

    Balas
  2. Di resi w 3 juni dah proses, smpe skrg blm nympe nyangkut di jakarta. Dri jogja – bengkulu. Bener2 kecewa kalo yg kali ini pdhal udh paket yes

    Balas
  3. Sama. bener nyebelin. paket bahkan sampai 3hari baru terkirim . kita bayar mahal agar paket dibedakan kecepatan layanan pengirimnannya.

    ujungnya sama dengn regular. Klaim hanya untuk ganti bbrpa ribu. buat apa. buang buang waktu. Tau gitu saya pilih layanan sebalah aja..

    Balas
  4. Wahh, jadi jelek performancenya JNE kalo banyak sudah kejadian yg sama,,,ini saya baru tgl 8 Juli 2019 kirim & petugas JNE menawarkan yg 1 hari sampai katanya Maksimal Sampainya tgl 9 Juli 2019, ternyata ga sesuai dg lisan maupun tulisan yg ditawarkan, sampai sekarang belum sampai2 (sudah lewat dari 1×24 jam yg dijanjikan) sudah telpon ke agen utama JNE kota tujuan kata petugasnya masih mau dilacak sejak tadi pagi…sampai sekarang belum ada konfirmasi kejelasannya.

    Balas
  5. Kampret ini jne yes, rugi waktu saya nungguin dikantor sejak pagi sampai malam belom datang, kapok pakek layanan jne, mending jnt biaya murah 2 hari sampai jakarta – sidoarjo

    Balas
    • Katanya yakin esok sampai tapi udah hari ke 3 sore belum datang juga paket nya. Lebih mahal tapi pelayanannya sama aja

  6. Nyesel makek jne yes. Dari tadi pagi belum sampai, katanya dari pihak cabang (pengirim) sudah sampai Di cabang gresik , cabang gresik dari tadi ditelvon-telvon gak di angkat…

    Jne Yes gak sesuai dengan kemauan, buat yang belum nyobak jne yes , plis jangn nyobak takut kecewa juga.

    Balas
  7. Pelayanan tidak mencerminkan penawaran diawal. Padahal dokumen penting yang dikirim. Sampai skrg belum ada kejelasan. Mohon dibenahi sistemnya. Customer satisfaction itu penting!

    Balas
  8. resi saya ngga update dari tanggal 15, pake jne yes ampe tanggal 17 belom sampai. yg pake jnt malah udah sampai. sama” tanggal 15, jnt emg pake yg biasa, 2 hari sampai dan resi selalu update

    Balas
  9. Paket saya dikirim 13 sampai tgl 15 belom sampe2. Payah bgt jne. Dulu juga pernah disuruh ke CS di tomang antri sampe 4 jam tapi tetep aja tidak pernah ada pengembalian dana. Saran saya jangan pakai JNE dhe selama service nya masih tidak memuaskan. Dijamin kecewa. Mending pakai J&T atau TIKI. Sebenarnya ini adalah penipuan customer dan harus bisa dilaporkan atau dituntut karena hampir semua customer dibohongin setelah baca2 komen diatas

    Balas

Tulis komentar...