LOADING

Type to search

eCommerce

Kenapa AkuLaku bisa menelpon keluarga, saudara atau teman?

Sedikit banyak saya sudah mendengar dan membaca pengalaman buruk dari pengguna aplikasi AkuLaku, terutama bagi yang memanfaatkan fitur cicilan tanpa kartu kreditnya. Bukan masalah dicari – cari debt collector ke anda sendiri sebagai pemohon kredit, tapi si customer service atau malah debt collectornya yang akan menanyakan status hutang anda ke keluarga, saudara atau teman. Horor kan?

Masalah kredit atau utang itu sudah masuk ranah pribadi, kadang kita tidak ingin diketahui orang lain soal cara mendapatkan barang yang dibeli. Tapi karena sudah banyak yang mengalami saudara jauh ataupun teman kantor ditelpon oleh AkuLaku agar kita segera membayar cicilan yang jatuh tempo. Ini sudah menjadi beban tersendiri dan bisa jadi gunjingan sekitar. Saya pernah membaca ada yang share sampai resign dari kantor karena bosnya sendiri diteror dan merasa sangat terganggu.

Selain bisa beli langsung barangnya, tapi yang membuat AkuLaku populer adalah kemampuan membayar dengan metode cicilan tanpa kartu kredit.

Nah… yang sering jadi pertanyaan… Kenapa Akulaku bisa tahu kontak dari teman, saudara dan keluarga anda? Padahal anda tidak merasa memberikan informasi tersebut dalam aplikasinya.

Jawabannya sederhana sekali.. Kita saat menggunakan aplikasi (apapun) di Android biasanya akan diminta memberikan hak akses ke fitur/data tertentu yang tersimpan dalam handphone atau akun Google. Dan salah satu hal yang diminta oleh aplikasi AkuLaku adalah data kontak yang ada di smartphone anda. Sekian.

Satu dari awal permintaan ijin aplikasi AkuLaku ke fitur dan data akun yang tersimpan dalam handphone anda.

Dari data kontak yang bisa sadar atau tidak sadar diberikan maka profil kita beserta orang – orang yang mungkin berhubungan dikumpulkan. Dan nanti apabila sudah dirasa pembayaran anda mulai bermasalah (kredit macet) seperti sering telat atau semacamnya maka proses yang diceritakan di awal akan dimulai.

Solusinya bagaimana? Anda bisa tolak akses AkuLaku ke kontak saat pertama kali menggunakan aplikasinya, tapi ini bisa berakibat ada fitur – fitur dalam appnya yang tidak berfungsi sempurna. Yang lebih baik segera lunasi tanggungan anda.

Sebaiknya tetap pakai AkuLaku tidak? Keputusan ini ada di tangan anda karena yang lebih paham kebutuhan dan kemampuan diri sendiri. Tapi pahami dulu salah satu resikonya seperti diatas, jangan sampai anda yang mengalami kisah horornya.

Semoga informasi diatas mencerahkan misterinya. 🙂

Tags

Tulis komentar...