Kenapa belanja di Tokopedia tidak segera dikirim?

Jadi anda sudah memilih barang, memesannya, lunas membayar tagihannya dan tentu saja konfirmasi pembayarannya tidaklah lupa. Tapi sudah seharian menunggu kok belum dapat informasi kalau barangnya sudah dikirimkan? Apalagi nomor resinya jelas belum ada kabar. Nah… kasus seperti ini kadang menjadi pertanyaan dan cukup wajar kalau yang sudah terbiasa belanja online.

Mari kita pahami dulu alur belanja pada Tokopedia, anggap melanjutkan proses yang saya ceritakan diawal:

  1. Batas waktu anda membayar tagihannya adalah 1×24 jam.
  2. Setelah oleh Tokopedia dikonfirmasi pembayarannya maka si penjual akan dinotifikasi.
  3. Nah… ada batas waktu 3 hari untuk toko/penjual menerima pesanan anda. Jadi walaupun anda sudah membayar belum tentu segera diproses.
  4. Sekarang misal sudah diterima maka batas waktu selanjutnya adalah 5 hari untuk mengirimkan barangnya.
  5. Jika sudah dikirimkan baru anda mendapatkan nomor resinya, dan bisa melacak langsung dari halaman status pesanan Tokopedia.
    tokopedia-status-pemesanan

Anda bisa membaca selengkapnya pada halaman Syarat dan Ketentuan Tokopedia, tepatnya pada bagian D. Transaksi Penjualan: https://www.tokopedia.com/terms.pl. Mungkin karena menggunakan bahasa legal dan isinya banyak sekali membuat banyak orang awam tidak tahu.

Kesimpulannya? Kalau dapat penjual yang ngaret bisa – bisa jatah waktu maksimal baru dikirimkan, ini berarti 8 hari sejak anda membayar.

Kenapa kok sistem Tokopedia seperti itu? Ya ini untuk mengamankan transaksi pihak pembeli dan penjual. Kan dananya dipegang oleh Tokopedia, semisal selama transaksi tidak berlangsung lancar dalam batas waktunya maka akan otomatis batal dan uangnya dikembalikan. Aslinya BukaLapak pun juga memiliki sistem serupa.

Dan pihak penjual diberikan batas waktu agak longgar untuk memberikan kesempatan memprosesnya, ada lho yang walau punya online shop di Tokopedia malah jarang dicek. Atau kasusnya kehabisan stok barang dan masih ingin mendapatkan barangnya sampai batas waktu terakhir.

Semoga mencerahkan. 🙂

11 pemikiran pada “Kenapa belanja di Tokopedia tidak segera dikirim?”

  1. Ini ni salah satu yang saya ga suka dari toped, batasnya lama bener 8 hari 🙁

    Harus pinter2 pilih penjual, biasanya yang reposnnya cepet pas kita tanya suka cepet juga ngirim barangnya, kalau engga sebelum bayar tanya dulu kapan dia bisa kirim
    Saya sebagai pembeli tidak menganggap sebagai “raja” tetapi lebih suka menganggap sama2 butuh.

    Penjual butuh pembeli, pembeli juga butuh barang 🙂 jadi kalau sudah dibayar mbo ya cepet2 dikirim apalagi kalau kita pilih paket YES dengan harapan cepet sampai tapi karena penjual lama ngirim akibatnya ya lama juga sampenya

    • Haha benar mas, ini saya baru belanja di Tokopedia dan sudah masuk hari kedua belum dikirim juga. Mana batas waktunya cukup lama, hingga 6 hari sejak pesanan diterima olshopnya. 🙁

      Rasanya percuma juga pakai YES kalau pesanan barang tidak diproses dalam satu hari.

    • iyaa bener ko batas waktunya lama banget sampe 8 hari…kenapa saya bilang gitu soalnya saya sekarang lagi ngalamin hal sperti ini pembelian belum di respon juga sama penjual padahal sebelumnya saya sudah tanya dulu ke penjual barang ada gk soalnya saya pengen di kirim langsung soalnya ini untuk acara seserahan waktunya tinggal 4 hari lagi si penjual bilang iya rady langsung aja atc eh ini saya udah nunggu 2 hari belim di proses juga sama penjual klo mau di tolak ya klik aja tolak jadi saya bisa langsung ganti barang

    • Untuk urusan kecepatan proses pesanan jauh lebih unggul BukaLapak memang. Anggap saja kita bandingkan waktu maksimal keduanya:
      Tokopedia: 2 hari waktu untuk menerima pesanan dan setelahnya 5 hari batas seller untuk mengirimkannya. Pas ga hoki bisa – bisa 7 hari baru dikirimkan.
      BukaLapak: Begitu dibayar langsung batas waktunya seller 2 hari untuk mengirimkan barang. Tidak perlu menerima pesanan.

  2. Bang, saya mau nanya ni, kalau kita udah memilih barang yg kita beli, trz, sehabis pembayaran contohnya alfa/indomart, nah setelah kita udah bayar, dan apabila barangnya belum datang, lewat batas, apakah uang yang kita transaksi, apakah bisa di kembalikan, btw kalau di kembalikan, contohnya dimana yak bang?

  3. Oh gtu ya.. saya kemarin abis transfer di toped jam 9 pagi. Tp sampai sekarang pesanannya masih di proses belum di kirimkan barangnya. Ko prosesnya lama ya..??

  4. Saya juga mengalami hal yg sama. Malah penjual berbohong bahwa barang ready dan paket sudah dikirim, tapi sampai lebih dari 24 jam tidak bisa menunjukan nomor resi. Sudah lewat 3 hari sejak bayar. Padahal minta dikirim JNE YES. ?

Tulis komentar...