Cara cek status pemesanan Tokopedia

Last Updated on Mei 21, 2017

Setelah membeli barang di Tokopedia dan telah melakukan konfirmasi pembayaran akhirnya kita tinggal menunggu kapan order kita diproses penjualnya dan dikirimkan. Biasanya pada tahap ini kita sebagai pembeli was – was, bukan karena akan kehilangan uang karena kalau ini sudah dijamin Tokopedia dengan sistem rekbernya – melainkan kapan barangnya tiba dan bagaimana kondisinya nanti saat diterima.

Semua hal tersebut yang ingin kita ketahui dapat dengan mudah dicek pada halaman Status Pemesanan di Tokopedia, pastikan anda telah login terlebih dahulu. Halaman ini baru ada isinya kalau anda sudah melakukan order atau sudah mengkonfirmasi pembayaran – bisa manual atau otomatis tergantung metode pembayaran yang anda gunakan.
tokopedia-status-pemesanan
Secara umum akan terlihat apa status dari order anda, dan apabila sudah diberi nomor resi maka bisa langsung dicek dengan klik tombol Lacak.

Kalau anda ingin mengetahui detail proses order anda di Tokopedia (bukan proses pengiriman menggunakan ekspedisi) maka klik pada Tampilkan, langsung geser kebagian paling bawah.
tokopedia-status-pemesanan-detail
Contoh isi status detail pemesanan Tokopedia:

  • Buyer
    19/05/2015 08:20
    Transaksi selesai
  • Buyer
    19/05/2015 08:20
    Pesanan telah tiba di tujuan
  • Seller
    18/05/2015 13:56
    Pesanan telah dikirim
    Pesanan Anda dalam proses pengiriman oleh kurir
  • Seller
    16/05/2015 15:08
    Pemesanan sedang diproses
  • Tokopedia
    16/05/2015 14:03
    Verifikasi Konfirmasi Pembayaran
    Pembayaran telah diterima Tokopedia dan pesanan Anda sudah diteruskan ke penjual
  • Buyer
    16/05/2015 13:36
    Melakukan Konfirmasi Pembayaran
    Menunggu proses verifikasi pembayaran
  • Buyer
    14/05/2015 10:26
    Melakukan proses Check Out order
    Menunggu konfirmasi pembayaran

Terus terang dari pengalaman saya berbelanja di Tokopedia tidak ada masalah sama sekali, pengiriman menggunakan Pos Indonesia (tapi format nomor resi yang diberikan kok seperti JNE/TIKI ya) walaupun yang termurah pun tetap sampai dengan cepat dan aman – hanya 1 hari malah, belum sempat saya cek resi malah sudah diterima duluan. Haha 😀 Mungkin lokasi sellernya ada di kota sebelah.

Bagaimana dengan pengalaman anda?

379 pemikiran pada “Cara cek status pemesanan Tokopedia”

  1. saya sudah transfer uang lewat alfamart kok gk ada konfirmasi balasan ke saya,jadi bagaimana saya tau kalau barang yg saya pesan sudah dikirim?

    Balas
  2. sampai hari gini kok belum ada konfirmasi …dari tokopedia padahal saya sudah transfer dari Alfamart kemarin..kalau dari lapak lain langsung ada konfirmasi…lewat e mail…atau SMS..dan kalau dalam perjalanan pengiriman itu juga
    ada pemberitahuann…sampai dimana dan kapan sampainya ke konsumen..tolong konfirmasinya untuk kejelasannya.tks.

    Balas
    • Kak apabila sudah transfer tapi tidak masuk akun bagaimana? Soalnya sudah transfer dialfamart kemarin tetapi tidak tau barang sampai mana, atau sudah dikirim atau belum?

  3. gmn nih, sdh 7 hari pengiriman statusnya masih di jakarta, barangnya terkirim atau gmn krn dari tanggal 28 hingga saat ini tanggal 5 statusnya masih di jakarta, sedangkan tujuan pengiriman ke luwu timur sulawesi selatan mohon infonya

    Balas
  4. Nanya dong kemaren saya ada masalah dipengiriman barang toko pedia,kurir sdh datang dan ternyata saya mau yg cepat,nah sy minta tolong kurir utk membatalkan,dan sdh di batalkan,bagaimana caranya di report seller saya supaya tulisan ” lacak” hilang,pangkah apa yg hrs saya lakukan tanka

    Balas
    • Ini dari pihak seller? Jenis pengiriman dipilih buyer saat checkout dan nomor resinya otomatis, kecuali di seller membatasi pilihan jenisnya.

      Kalau mau masih tetap ngirim, coba sampaikan ke cs Tokopedia ingin menambahkan nomor resi manual.

Tinggalkan komentar