Kenapa radio di Android membutuhkan headset?

Sering kita menemukan adanya fitur radio FM di handphone Android yang kita beli dan walau kadang kita rasa tidak diperlukan tapi dalam perjalanan panjang dan ingin mendengar stasiun radio lokal bisa sangat menghibur. 🙂 Bahkan berita – berita terbaru mengenai keadaan lingkungan sekitar bisa dipantau dari sini dan jelas lebih cepat dibandingkan menonton televisi atau media sosial.

Nah… saya yakin kalau anda jalankan aplikasi Radio begitu saja tanpa memasang headset kemungkinan besar akan muncul pesan error “No Headset Found – Please plugin headset”. Ini di ASUS Zenfone 5 saya, dan di handphone – handphone Android lain rata – rata akan serupa. Masih membutuhkan headset untuk mendengarkan radio.
asus-zenfone-5-radio-no-headset-found

Padahal kalau kita sudah memasang headsetnya pun bisa kita setel suaranya lewat speaker, jadi tidak harus dari headsetnya sendiri untuk mendengarkan radio. Dulu saya sempat heran juga kenapa kok sistemnya seperti ini, ternyata jawabannya sederhana yaitu di earphone/headset akan digunakan sebagai antena untuk menangkap sinyal FM radio dan handphone sebagian besar tidak memiliki antena internal untuk ini. Jadi tidak penasaran lagi setelah tahu alasannya.

Semoga bermanfaat informasinya. 🙂

Tulis komentar...