Ketahui rahasia angka dari build number Windows

Banyak diantara anda tidak akan pernah terpikir apa arti angka dari build number, terlebih lagi anda akan jarang melihatnya dan memang tidak ada fungsinya. Tapi build number Windows ini memiliki rahasia yang menarik sejak Windows Vista.

Anda bisa melihat build number Windows dengan membuka command prompt, yang akan menampilkan build number tepat pada bagian atas jendela command prompt. Anda juga bisa melihat build number pada beberapa jendela dialog di Control Panel, tapi menjalankan command prompt adalah cara termudah.
windows-xp-command-prompt

Microsoft memiliki sejarah melakukan hal – hal yang unik pada build number Windows.

  • Build number Windows 95 adalah 950.
  • Build number Windows 98 adalah 1998.
  • Build number Windows 98 SE adalah 2222.
  • Build number Windows XP adalah 2600, merupakan referensi terhadap majalah hacker terkemuka dengan nama yang sama.

Dimulai dari Windows Vista, Microsoft mulai memperhitungkan build number dengan sedikit berbeda.

  • Build number Windows Vista adalah 6.0.6000
  • Build number Windows 7 adalah 6.1.7600
  • Build number Windows 8 adalah 6.2.9200

Anda merasakan ada yang menarik terhadap angka – angka diatas? Pertama angka dari build number meningkat sebanyak 1600 tiap kali. Kedua, setiap angka bisa dibagi habis dengan angka 16.

Ternyata tim pengembang Microsoft mempersyaratkan bahwa sejak Windows Vista setiap build number harus bisa dibagi dengan angka 16 supaya mereka bisa menggunakan 4 bit terakhir untuk penggunaan internal. Developer Windows 8 sesungguhnya ingin menggunakan 8888 sebagai build number tapi sayangnya tidak bisa karena tidak bisa dibagi habis dengan angka 16, jadi mereka menggunakan angka build number yang tampaknya menarik yaitu 9200. Sepertinya karena lebih besar 1600 dari build number sebelumnya.

Jadi bila ada versi Windows baru silahkan cek build numbernya, seharusnya bisa dibagi habis dengan 16.

Tulis komentar...