Mengatasi tekan huruf muncul angka di laptop

Kali saya akan share satu kasus menarik yang bisa membuat frustasi kalau tidak tahu apa penyebabnya. Jadi pada salah satu laptop Fujitsu (lupa tipenya) ada sedikit keanehan dimana setiap menekan tombol huruf tertentu yang muncul di layar malah angka. Lengkap dari 0-9 tergantung mengetikkan huruf apa. Ini kalau tidak tahu apa penyebabnya malah bisa mengira keyboard notebooknya rusak, harganya tidak murah lagi kalau terpaksa diganti.

Saya akan sedikit cerita dulu kenapa kok bisa terjadi seperti ini. Jadi kalau anda pernah menggunakan PC (komputer yang biasa) pasti tahu keyboardnya panjang kan? Dan di sisi kanan ada deret tombol yang dikhususkan untuk mengisikkan angka (namanya Number Pad), cukup sering terpakai saat mengerjakan Excel kalau saya perhatikan.

acer-aspire-one-d270-numpad

Nah… disinilah letak masalahnya, di laptop karena ukurannya terbatas dan masih ada yang memerlukan maka ini komprominya akan diletakkan pada huruf – huruf tertentu di keyboard.

Tidak mesti ada tapi, jadi perhatikan apakah pada keyboard anda ada angka kecil disamping hurufnya seperti gambar diatas. Misal di netbook Acer Aspire One D270 susunannya M=0, J=1, K=2, L=3, U=4, I=5, O=6, P=*. Yang terjadi adalah kita tidak sengaja mengaktifkan mode angka dengan menekan Num Lock. Apabila anda tidak pernah tahu fungsinya apa pasti bingung sekali kok jadi aneh.

Dari penjelasannya diatas saya yakin anda sudah sadar solusinya apa. Ya, tinggal tekan saja tombol Num Lock/NumLk. Kalau tidak bisa langsung berhasil diperbaiki maka tampaknya perlu sambil menekan tombol Fn.

Semoga berhasil mengatasi masalah anda. 🙂

Satu pemikiran pada “Mengatasi tekan huruf muncul angka di laptop”

  1. Mau nanya donk
    Kalau saya ini laptopnya pas dibuka word muncul di bagian home, insert, dan seterusnya itu muncul huruf abjad atau angka misalnya dibagian Home A.. insert B
    Kaya gitu gmana ya??🙏

    Balas

Tulis komentar...