Kinerja CPU selalu 100% saat transfer file atau kegiatan sederhana lainnya pada Windows 10

Ada teman kantor yang diberikan fasilitas sebuah laptop untuk pekerjaannya dan menanyakan kenapa saat copy file bisa agak ngelag. Bahkan ini juga terjadi saat save file Excel. Jelas aneh banget waktu saya diceritakan dan melihatnya sendiri.

Setelah saya perhatikan di Task Manager memang kinerja CPU bisa loncat ke 100% saat melakukan hal-hal yang disebutkan diatas. Malah saat idle pun kadang-kadang naik sendiri dan otomatis sama freezenya.

Singkat cerita ini masalahnya disebabkan ke spesifikasi laptopnya terlalu rendah: Intel Celeron seri N, RAM cuma 2GB dan pakai Harddisk. Terinstall Windows 10

Jadi kalau anda mengalami hal yang serupa solusinya cuma 4:

  1. Ganti atau upgrade kapasitas memori. Ini yang diutamakan.
  2. Ganti HDD ke SSD. Prioritas berikutnya.
  3. Downgrade Windows 10 ke Windows 7. Ini karena minimal spesifikasinya lebih rendah dan lebih optimal untuk komputer yang memorinya kecil. Ini hanya memperbaiki gejala tapi tidak penyakitnya. Atau pakai Linux sekalian kalau kerjaan tidak wajib dilakukan di Windows.
  4. Ganti laptop atau PC ke yang lebih baru speknya. Alternatif apabila laptopnya tidak bisa diganti RAMnya seperti laptop teman saya, sudah disolder mati.

Kenapa masalah ini terjadi? Di Windows kalau sisa kapasitas RAM menjadi rendah maka file-filenya akan disimpan sementara (paging file) ke harddisk untuk mengurangi penggunaan memori. Hal ini terjadi secara otomatis, karena itu Disk Usage dan CPU Usage akan meningkat sendirinya hingga 100 persen saat tidak dipakai atau fatalnya saat aktif beroperasi.

Akibatnya seperti yang anda alami, komputer jadi melambat atau malah bisa hang karena menunggu prosesnya selesai.

Jadi kesimpulan cara mengatasi CPU Usage 100% itu satu sebenarnya: Uang. Karena memang memperbaiki masalahnya secara permanen perlu upgrade hardwarenya.

Sekian dan semoga jadi pertimbangan.

Tinggalkan komentar