Konversi FAT ke NTFS tanpa format

Sistem file FAT (File Allocation Table) adalah format lama yang digunakan sejak era Windows 90an, kekurangannya yang paling terasa untuk pengguna komputer biasa adalah ukuran file terbesarnya adalah 4GB. Sekarang ini kita dapat dengan mudah mendapatkan sebuah file video dengan ukuran 8GB yang biasanya adalah film HD, jelaslah akan menjadi masalah nantinya. Karena itulah filesystem NTFS (New Technology File System) memang dibuat sebagai penggantinya oleh Microsoft.

Kalau anda memiliki sebuah USB Flashdisk yang diformat menggunakan FAT maka cara yang paling umum adalah dengan melakukan format menjadi NTFS. Hal ini bisa jadi tidak jadi diinginkan kalau sudah ada data atau file didalamnya, dan anda sendiri tidak ingin memindahkannya terlebih dahulu ke harddisk.

Nah… sebenarnya kita bisa mengkonversi FAT32 ke NTFS tanpa kehilangan data atau melakukan proses format. Yang perlu dilakukan adalah menggunakan perintah dalam command prompt. Silahkan anda hapalkan dulu apa huruf partisi atau drivenya kemudian jalankan proses Checkdisk untuk memastikan tidak ada bad sector atau error pada USB Flashdisk tersebut.
cmd-convert-fs-ntfs

Kemudian ketikkan perintah berikut bila partisi yang ingin diubah adalah pada drive I: convert I: /FS:NTFS. Setelah itu silahkan tunggu proses konversi sampai selesai, biasanya cukup beberapa menit saja dan sekarang Flashdisk anda akan menggunakan filesystem NTFS.

Semoga bermanfaat. 🙂

2 pemikiran pada “Konversi FAT ke NTFS tanpa format”

Tulis komentar...