Langkah awal belajar pemrograman Pascal

Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman yang biasanya diajarkan di pengenalan atau dasar ? dasar pemrograman.? Belajar Pascal sendiri tentu ada langkah ? langkah awal memulainya, yang ingin saya tunjukkan disini adalah beberapa software yang bisa digunakan untuk membantu anda dan juga disertakan beberapa referensi atau tutorial Pascal.

Walaupun nama Pascal sendiri sering dikonotasikan bahasa pemrograman yang kuno karena tampilannya masih menggunakan platform DOS, tapi hal ini merupakan salah kaprah karena biasanya software yang digunakan untuk mengajar adalah Borland Turbo Pascal 7.0 dan memang ini adalah program yang cukup lama usianya (jaman dinosaurus). :p

turbo-pascal-7

Salah satu bahasa pemrograman terpopuler di Indonesia adalah Delphi yang merupakan salah satu dialeknya atau variasi dari bahasa Pascal itu. Jadi Pascal sendiri masih dapat disebut sebagai bahasa pemrograman yang modern.

Tentu saja setelah pengenalan saya akan berikan beberapa langkah awal yang bisa anda siapkan dalam mempelajari Pascal.

Software alternatif dari Turbo Pascal yang lebih modern dan anda bisa gunakan untuk mempelajari Pascal:

  1. DevPascal (Windows)
  2. FreePascal (Windows, Linux) – Merupakan software open source dan berjalan pada command prompt seperti di Turbo Pascal 7.0.

Khusus untuk FreePascal sendiri dapat digunakan sebagai alternatif Delphi dan bisa ditambahkan dengan Lazarus sehingga mirip dengan Delphi sehingga kita bisa mendesain form dan melakukan proses kompilasi program seperti di Delphi. Bahkan hal ini juga bisa dilakukan di Linux. Tampilan antarmukanya sendiri diadaptasi dari Borland Delphi 7, jadi bagi programmer Delphi veteran akan terasa klasik, tapi tidak kalah hebat dari aslinya.

Tutorial dan referensi yang dapat dulu saya gunakan untuk belajar bahasa pemrograman Pascal:

  1. IlmuKomputer
  2. SheepDogGuide
  3. Tao Yue

Untuk mengasah kemampuan anda dalam memecahkan masalah juga sekaligus lebih memahami logika dan algoritma bisa anda ikuti Project Euler.

Tulis komentar...