Logical Increments: Panduan spesifikasi komputer rakitan bertingkat

Walaupun laptop dan tablet sudah merajalela tapi komputer desktop masih merupakan pilihan terbaik kalau dibandingkan harga dengan performa yang akan didapatkan, apalagi kalau anda hanya menggunakan komputer di rumah. Merakit sebuah komputer pertama kita tentukan berapa budget (dana) yang tersedia dahulu, baru kita mulai menentukan setiap komponen hardware yang menyusunnya.

Terlepas apakah anda pro AMD atau Intel, Nvidia atau ATI, dan merek – merek perangkat keras lainnya akan lebih baik kalau kita fokus pada performa dengan harga termurah atau terbaik. Seringkali kita salah memperkirakan harga sehingga membengkak biayanya dan ternyata ada beberapa bagian yang mengalami konflik atau masalah di kemudian hari.

Dalam mengatasi dilema pemilihan spesifikasi komputer rakitan inilah maka saya menganjurkan situs Logical Increments yang berisi daftar hardware rekomendasi dalam menyusun satu PC secara penuh. Tapi tanpa speaker, monitor, mouse, keyboard dan aksesori lainnya.

logical-increments

Anda akan menemukan spesifikasi lengkap beserta apa saja hardwarenya dan diurutkan berdasarkan harga total paling murah sampai termahal (dalam Dollar Amerika, jadi perlu dirupiahkan sendiri). Sehingga kita dapat dengan mudah memilih dan membandingkannya.

Arahkan kursor mouse ke setiap nama komponen dan anda akan mendapatkan penjelasan singkat kenapa terpilih, jadi mereka memang tidak asal meletakkan hardware murah. Informasi yang digunakan sendiri akan selalu diupdate secara berkala.

Bukan berarti anda harus menggunakan spesifikasi sama persis dengan yang direkomendasikan oleh Logical Increments, saya sendiri memakainya sebagai dasar spesifikasi rakitan PC. Kemudian mencari bagian individu mana yang bisa diganti ke yang lebih baik atau lebih rendah tergantung budget dan prioritas tujuan komputer tersebut. Kadang saya terpaksa mengganti karena ada hardware yang susah didapatkan atau tidak ada di Indonesia, jadi bermacam – macam faktor penyebabnya.

Singkatnya situs ini akan memiliki peran penting dengan menyediakan berbagai macam spesifikasi komputer rakitan terbaik performanya dibandingkan dengan harga totalnya nanti. Jadi memang bisa sangat optimal nanti tanpa perlu kita repot pusing – pusing memilih sendiri setiap komponen perangkat keras yang ada. Tentunya harga yang tercantum perlu disesuaikan dari Dollar ke Rupiah dan ada kemungkinan perbedaan harga juga.

Tulis komentar...