Lupa password Gmail?

Patut diakui sekarang Gmail merupakan penyedia email terpopuler di dunia karena integrasinya dengan fitur – fitur Android dan beberapa produk Google lain. Kasusnya kali ini kita cuma ingat alamat emailnya tapi passwordnya lupa karena tersimpan di browser dan terlanjur install ulang Windows. Runyam kan? Atau malah ada yang meng-hack akun Google anda dan mengganti semua data – datanya, sekarang anda sedang berusaha memulihkannya.

Tanpa basa – basi lagi anda bisa mengawali langkah pemulihan akses ke akun Gmail anda lewat link ini: https://www.google.com/accounts/recovery/, dan untuk lupa kata sandi pilih opsi pertama “I don’t know my password”. Nanti kita akan diminta memasukkan alamat email yang bermasalah. Klik Continue untuk melanjutkan.

google-account-recovery

Selanjutnya kita akan diminta memasukkan apa password terakhir yang anda ingat. Kata sandinya tidak harus benar tapi setidaknya pernah anda pakai sebelumnya.

Dari percobaan saya beberapa kali walaupun jawabannya benar atau salah tetap akan diberikan opsi reset password ke akun email pemulihan atau nomor handphone.

Bila lewat email maka ada link reset passwordnya,kalau anda ingat saat mendaftar akun Google diminta mengisikan alamat email lain maka inilah fungsinya. Sedangkan kalau lewat nomor hp akan dikirimkan kode verifikasinya yang nanti diisikan dalam formnya. Bila lupa maka dari form diatas klik I don’t know dan tetap saja akan diberikan opsi pemulihan yang serupa.

Kalau opsi recovery diatas gagal, entah karena email cadangan sudah tidak bisa diakses dan nomor handphone yang terdaftar sudah tidak anda miliki maka anda bisa mencoba opsi pemulihan manual: https://www.google.com/accounts/recovery/skt dan ini syaratnya anda harus paham informasi mengenai akun anda sendiri.

  1. Awalnya anda akan diminta mengisikan kapan pembuatan akun Gmailnya dan seingat anda kapan terakhir berhasil login. Tidak harus akurat 100%, boleh kira – kira.
    account-help-for-gmail-com
  2. Selanjutnya kita akan diminta mengisikan kontak email yang paling sering kita kontak dari akun anda dan seingat anda apa alamat email pemulihannya.
  3. Halaman berikutnya adalah mengisikan produk Google lainnya yang pernah anda pakai dengan akun tersebut. Bisa Android, Gmail, dan sebagainya. Waktunya beri seakurat mungkin untuk akses terakhirnya.
  4. Langkah terakhir adalah mengisikan alamat email anda sekarang yang bisa diakses untuk pengiriman link reset password kalau data – data yang anda berikan diatas memenuhi syarat pembuktian identitas pemiliknya. Kalau sudah klik saja Submit.

Sekian dan semoga anda berhasil memulihkan akses ke akun Gmail anda. 🙂

Tulis komentar...