Nomor resi hilang atau lupa?

Dalam proses pengiriman paket dengan menggunakan berbagai macam jasa ekspedisi maka kita akan mendapakan nomor resi (Istilah lainnya: AWB: Airway Bill, Connote: Consignment Note, Barcode, Tracking number, dan sebagainya) yang bisa kita gunakan untuk melakukan pelacakan paket. Yang jadi masalah kalau kita kehilangan nomor resinya atau lupa. Apa yang bisa dilakukan sebagai solusinya?

Singkatnya anda tidak bisa melakukan cek nomor resi pengiriman paket kalau tidak memiliki nomor resinya. Jadi memang tidak ada cara lain melacak paket anda kalau tidak ada kode yang bisa dipakai untuk mengidentifikasinya. Bayangkan paket sebanyak itu jelas susah kalau tidak ada cara membedakannya.

bogdanco / Public Domain
bogdanco / Public Domain

Bagaimana kalau menggunakan nama? Jelas setiap pengiriman pasti ada nama penerimanya, apakah bisa dibuat cek resi? Sayangnya tidak ada sistem tracking paket yang bisa memakai nama orang yang dituju. Saya kira ini disebabkan untuk melindungi privasi pelanggannya dan tidak ingin memperumit sistem yang anda.

Oke, kalau alamat kan lebih spesifik lagi? Kalau maksud anda tetap untuk pelacakan online saya belum pernah menemukannya. Tapi… saya pernah menggunakannya saat ingin menanyakan paket ke Pos Indonesia, jadi saya tanyakan apakah ada paket yang menuju alamat rumah. Mereka cuma minta bukti identitas untuk memastikan bahwa saya adalah orang yang dituju.

Apa yang bisa dilakukan?
Sebagai penerima:

  1. Tanyakan lagi ke pengirimnya. Sekaligus minta foto bukti pengirimannya untuk mencegah salah paham.
    Dari curhatan beberapa pengunjung ternyata ada penjual yang agak judes kalau diminta nomor resinya kembali. 🙁 Mungkin ini yang menyebabkan pelanggannya kelabakan mencari cara alternatif, padahal seharusnya ini sudah termasuk customer service.
  2. Hubungi jasa pengiriman yang digunakan dan tanyakan apakah ada paket yang dikirimkan ke alamat anda. Dari pengalaman saya Pos Indonesia bisa melakukan ini tapi cukup lama karena dicek manual dan saya menunggu di kantor pusatnya. Jadi jangan diandalkan.

Sebagai pengirim:

  1. Datangi kantor agen ekspedisi tempat anda mengirimkan paketnya. Biasanya akan diminta memperlihatkan kartu identitas asli, dan kapan paket tersebut dikirimkan.

Tidak ada cara yang aneh dan rahasia dalam mengatasi masalah ini sesungguhnya. Cuma karena terburu – buru kadang tidak terpikirkan kalau cek resi tanpa nomor resinya adalah hal yang selama ini tidak mungkin.

723 pemikiran pada “Nomor resi hilang atau lupa?”

  1. Bagaimana ini teman saya krim paket dari Jambi ke sungai penuh kerinci ,udah 5 hari tak kunjung ad kabar dari j & t nya,no resi ny ketinggalan di agen j& t Jambi lupa d ambil ma teman ,tolong dong di cek ad gk brg nya caranya gmna Tampa no resi

    Balas
  2. Kak minta tolong bantuannya, aku pesen barang terus katanya pengirimannya 2-4 hari lewat j&t. Tapi nyatanya sekarang uda 8 hari belom ada kabar. Terus aku minta no resi ke sellernya ga dikasi2. Aku harus gimanaaa. Minta sarannya…. Plisss apa bisa kalo aku cek ke kantor j&t nya, sedangkan aku gapunya data lengkap pengirim hanya ada bukti transfer sajaa

    Balas
  3. Saya mau tanya,no resi alasan ilang dari si pengirim lalu saya lacak semua tempat pengiriman parcel lion di Sumatra Selatan dan saya tanya Maslaah no resi bisa di minta kembali atau tidak?
    Pihak pegawai jwb:alasan,GK bisa,karena no resi sudah di kasi si pengirim… Setau saya,bukanx jasa2 pengiriman punya file atau data Bake up file….
    Nah solusinx bagaimn ya kk?

    Balas
  4. saya sudah mengirimkan order Bukalapak pada hari minggu tanggal 12 Juli 2020 di Counter J&T Cabang Cikampek Jl. Ahmad Yani. Namun status pengiriman di akun Bukalapak saya masih diproses, ternyata paket yang saya kirimkan Lost Scan dari pihak J&T, sampai saat ini masih belum ada kejelasan dan paket tidak dapat di tracking.

    Balas
  5. Mas ada enggk ada enggk paket yg penerima bernama fazah maya sari dari desa pagat dewa kecamtan tanjung agung kabupaten muara enim provinsi sumatra selatan

    Balas
  6. Saya dpt kiriman ATM tgl 11 januari 2021 dan sampai sekarang (20 jan 2021) paket belum nyampe via pos.Dan ternyata nomer resinya lupa simpen dimana.Gimana cara ngecek paketan tsb sudah sampai mana.Barang dikirim dr Pati tujuan Jogja,please masukannya…?

    Balas
    • Coba ke kantor pos terdekat dan tanyakan apakah ada kiriman ke alamat yang dituju. Kadang diminta KTP untuk verifikasi identitas apakah sesuai dulu baru diberitahukan.

Tinggalkan komentar