Matikan Hardware Acceleration untuk mempercepat Google Chrome

Apakah saat menggunakan Google Chrome terasa lambat dan kurang responsif? Kecepatan memuat halaman situs sangat pelan? Tampilan website tidak muncul sempurna? Saat mengetik ada jeda atau lag? Singkatnya ada masalah dalam performa Google Chrome. Jika ya maka ada satu solusi mudah yang mungkin bisa membantu anda.

Bagaimana caranya? Ya, cukup dengan mematikan Hardware Acceleration di Google Chrome. Tapi sebelumnya anda harus paham dulu apa fungsi dari akselerasi hardware ini.

Jadi Hardware Acceleration ini adalah fitur Google Chrome (dan Mozilla Firefox) untuk meningkatkan kecepatan proses me-render halaman website dengan elemen – elemen dinamisnya dengan bantuan GPU. Bisa dikatakan tujuannya adalah membantu, tapi entah mengapa kadang bermasalah atau terjadi glitch dan malah memperburuk keadaan.

Nah… silahkan ikuti instruksi berikut untuk menonaktifkannya, dalam Google Chrome buka menu dan pilih Settings. Cara cepatnya anda bisa mengetikkan alamat chrome://settings/ pada address bar untuk mengaksesnya.
google-chrome-menu
Pada halaman Setting klik Show advanced settings…
google-chrome-settings

Kemudian geser ke bagian paling bawah, perhatikan pada System dan selanjutnya hilangkan centang pada “Use hardware acceleration when available“.
google-chrome-settings-system

Setelah itu restart Google Chrome dan semoga saja masalah yang sedang anda alami telah berhasil diperbaiki.

Tulis komentar...