Melacak gerhana bulan dan matahari di Indonesia

Tiba – tiba pagi ini halaman Facebook saya ramai membahas gerhana matahari total. Agak kaget juga saya karena ada event cukup menarik ini tapi saya sendiri tidak tahu dan hanya bisa membaca riwayat betapa asiknya menunggu dan melihat terjadinya proses gerhana di Malang. Karena saya tidak ingin terlewatkan lagi momen yang tidak terlalu penting tapi nilai hiburannya tinggi ini maka saya mencari cara melacak kapan lagi terjadi di kota saya, baik gerhana matahari atau bulan.

Setelah mencoba berbagai macam situs dan layanan online mengenai perhitungan juga pemantauan kapan terjadinya si gerhana bulan atau matahari ini saya merasa yang paling jelas dan mudah adalah dari situs TimesAndDate.com.

Disini saya langsung link ke halaman informasi jadwal gerhana matahari dan bulan di kota Malang. Bisa anda lihat kapan terjadinya mulai dari tanggalnya, jam berapa dan durasinya. Jenis gerhananya (selain gerhana matahari atau bulan) akan dibedakan menjadi dua apakah penuh atau sebagian saja. Sedikit informasi tambahan saja, Lunar / Moon Eclipse itu Gerhana Bulan, dan Solar / Sun Eclipse itu Gerhana Matahari.

eclipses-visible-malang-java-indonesia

Dan ternyata di Malang akan terlihat gerhana bulan parsial tanggal 4 April 2015, dari jam 4 sore sampai jam 7 malam, ini yang paling dekat terjadinya saat saya melakukan pelacakan.

Karena besar kemungkinan anda tidak tinggal di kota saya maka bisa mencarinya sendiri dalam kotak pencarian City or Country yang terletak tepat dibawahnya.

Dibagian paling bawah anda juga akan menemukan tabel yang berisi beberapa gerhana yang akan terjadi di kota yang anda pilih, jadi bisa melihat daftar dan urutannya. Secara keseluruhan informasi yang diberikan TimeAndDate.com dalam melacak gerhana di Indonesia sangatlah membantu dan tidaklah ribet sehingga mudah sekali memahaminya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...