Kemana melacak kiriman luar negeri di Indonesia?

Kali ini saya ingin share sedikit cerita dan pengalaman soal kiriman dari luar negeri. Sudah lumrah banyak yang belanja dari online shop internasional seperti eBay, Amazon, AliExpress dan sebagainya karena lebih murah atau barangnya tidak ada di Indonesia. Standarnya nanti akan dikirimkan menggunakan EMS (Express Mail Service) dan nomor resi juga didapatkan. Tidak sulit kan mengecek resinya?

Nah yang saya bicarakan ini termasuk hal yang jarang diketahui orang saat menunggu kiriman barang internasional. Format nomor resi pun berpengaruh nanti bisa dilacak tidaknya juga kemana kita harus bertanya. Fokus pembicaraannya disini.

ems-pos-indonesia-shipment-status

Misal format resi anda adalah 2 huruf didepan, angka, 2 huruf dibelakang. Misal: EE12345678SG. Ini bisa dicek di EMS Indonesia dan barangnya masuk lewat Bea Cukai Soekarno Hatta.
Kontaknya:

Kalau anda memiliki pertanyaan soal paketnya atau pajak impor bisa langsung ditanyakan kesana.

Sedangkan pengiriman jenis lain akan diproses oleh Bea Cukai Pasar Baru. Biasanya sering digunakan kalau format resinya cuma angka saja. Contoh: 12345678. Dan tipe inilah yang tidak bisa dilacak nomor resinya. Yakin bikin was – was karena tidak akan ada kabarnya sampai diterima atau malah lenyap tanpa jejak. 🙁
Kontaknya:

Ternyata pas ditanyakan tidak ada masalah atau hasil kode status pelacakan resi EMS sudah keluar dari bea cukai? Berarti tahap selanjutnya adalah di Pos Indonesia, memang mereka yang bertanggung jawab secara operasional untuk pengantaran ke penerima di Indonesia. Bisa dicoba cek dulu nomor resinya atau telepon ke 021 161 apabila ada masalah disini.

Oh ya, yang diantarkan ke rumah nanti hampir pasti bukan barangnya melainkan surat panggilan ke kantor pos pusat untuk melunasi pajak impornya (bila ada) dan biaya bungkus ulang (sekarang Rp. 12.000).

Semoga bermanfaat. 🙂

232 pemikiran pada “Kemana melacak kiriman luar negeri di Indonesia?”

  1. Hallo Kak…
    Bisa minta tolong cek paket saya? Dikirim dari Singapura. Saya dihubungi oleh PT Win Semesta Depele, utk membayar pajaknya dan mereka jg mengirimkan invoice nya. Kemudian saya membayarnya sejumlah 4,2 jt. Sehari kemudian dihubungi lg yg mengatakan, paket terkena scann krn ada uangnya. Kemudian katanya pihak otoritas menuntut dokumen anti money laundry dlm 24 jam kedepan. Krn pengirim tidak tahu harus meminta drmn dokumen tersebut, pihak PT win menawarkan solusi membuatkan tp ada biaya 10 jt utk penalty dan biaya pembuatan dokumen 3,6 jt. Semua sudah dibayarkan. Mrk bilang paket akan aman. Tp saya msh khawatir karena uang dikirim ke rekening an. pribadi pd bank BNI. Di resi tertulis International Airwing nomor resi #00314300105520000FDY. Sy tracking tp tidak bisa menemukan. Mohon bantuannya.

    Balas
    • Abaikan bu.

      Seluruh transaksi yang berhubungan dengan pembayaran kiriman luar negeri itu ketemu langsung, baik di kantor atau saat penyerahan barang.

      PJT biasanya akan menalangi dulu. Ini prosedur yang normal. Tidak ada transfer kemanapun.

      Kalau benar ini ada uangnya malah disita bea cukai/dimusnahkan.

      Ini saya cek PT Win Semesta Depele memang ada perusahaannya. Saya curiganya ini ngaku2 saja. Coba tanya langsung ke sana dan bea cukai sekaligus.

      Waspada modus penipuan bu: https://utekno.com/modus-penipuan-barang-kiriman-luar-negeri-8588/

  2. Kak,sebelumnya aku mau nanya jadi hari ini aku baru dapet kabar bahwa aku akan menerima paket dari temanku yg berasal dari inggris yang berisi uang,tas,sepatu,gelang emas,iphone,dan perhiasan ,dan temanku berkata untuk membayar sebanyak satu juta rupiah,apakah memang benar bila kita mendapat kiriman dari luar negeri harus membayar sebanyak itu?,dan bagaimana model pembayaran yang sah kak?,terimakasih

    Balas
  3. Saya mau tanya cara cek paket kiriman dr China gmn cara nya y
    Soal nya sudah saya coba ksana kmari gak bisa jg
    No resi nya JXEC01672034313
    Mohon bantuannya

    Balas
    • Ini pengirimnya pakai ekspedisi LOGISTERS COMPANY LIMITED.

      Sudah di Indonesia dan diperiksa bea cukai mas.

      2021-07-16 18:16:43.0 203 SELESAI VALIDASI SISTEM BEA CUKAI
      2021-07-16 18:16:43.0 202 PROSES VALIDASI SISTEM BEA CUKAI
      2021-07-16 18:16:42.0 201 CEK DATA WAJIB SELESAI
      2021-07-16 18:16:42.0 100 DOKUMEN DITERIMA UNTUK DIPROSES BEA CUKAI

      PJTnya PT. LOGISTIK WAHANA EKSPRESS

  4. Halo… saya ingin bertanya, saya sedang menunggu 1 paket non tracking dengan awalan abjad UW. Paket sudah berangkat dari negara asal sejak 9 April (dan menurut pos negara asal, estimasi sampai di Indo 6-10 hari).

    Namun di akhir April, akhir Mei, dan akhir Juni.. setiap saya cek ke kantor pos Fatmawati (kantor pos wilayah saya) mereka selalu bilang paket belum ada di sana. Saya baca, untuk paket tanpa tracking number hal seperti ini sering sekali terjadi. Sehingga penerima paket harus secara manual mencari jejak dari kantor pos Pasar Baru.

    Apakah ada saran, atau mungkin pernah punya pengalaman serupa, untuk kasus seperti saya ini baiknya bagaimana untuk cari kejelasan paket-paket ini?

    Terima kasih sebelumnya ya..

    Balas
    • Memang untuk kiriman untracked seperti yang bu Frida alami sekarang itu merepotkan sekali. Saya ada beberapa kali pengalaman dari kiriman teman, rekor terlama itu 7 bulan kalau sampai. Malah sempat lupa kalau ada paket dari luar negeri.

      Itu kalau sampai, walaupun jarang terjadi tapi ada yang saya vonis sendiri hilang entah kemana. Ini karena sudah lewat setahun dan pihak kantor pos tidak bisa membantu mencarikan barang yang resinya tidak dikenali.

      Tapi, bisa dicoba cek ke bea cukai. Pernah saya cek dan muncul di databasenya, masalahnya diteruskan ke kantor pos tetap tidak ada kode lacaknya.

Tinggalkan komentar