Melacak perubahan registry dengan WhatChanged

Registry di Windows merupakan kumpulan dari konfigurasi sistem operasi dan software yang terpasang didalamnya. Begitu besar pengaruhnya terhadap kondisi Windows maka bila ada kesalahan setting maka bisa menyebabkan kerusakan dan kita terpaksa memperbaikinya atau harus menginstall ulang.

Walau kita bisa melihat apa isi registry dan mengubah konfigurasinya menggunakan Registry Editor tapi kita tidak akan tahu apa saja perubahan yang terjadi sejak anda menggunakannya, apalagi setiap kali menginstall program baru yang biasanya menambahkan dan memodifikasi data registry. Nah… karena itulah WhatChanged bisa menjadi solusi masalah anda.

Dengan memakai WhatChanged kita bisa melacak dan mengetahui apa saja perubahan yang terjadi dalam data yang tersimpan di registry. Sebelumnya kita harus membuat SNAPSHOT dari registry kita saat itu pada STEP#1. Baru setelahnya kita bisa membandingkan apa perbedaannya menggunakan COMPARE di STEP#2.
whatchanged
Nanti akan muncul daftar perubahan registry apa saja yang berhasil dideteksi oleh WhatChanged. Jadi sekarang anda akan tahu apakah ada software berbahaya yang telah mengubah registry dan bisa memulihkannya bila sudah terlanjur rusak. Cukup mudah bukan?

Tulis komentar...