Cara melihat informasi partisi harddisk lewat command prompt

Ceritanya saya ingin mensetting harddisk yang terpasang tapi Windowsnya rusak. Supaya tidak salah format karena cuma bisa menggunakan command prompt yang ada dalam System Recovery tentu kita harus memastikan dulu kode untuk partisi mana atau harddisknya. Ya karena dalam proses manipulasi harddisk lewat cmd kita harus mengisikan kode identitasnya secara manual, makanya ada resiko salah ketik.

Nah… untuk melihat informasi partisi harddisk di Windows menggunakan command prompt sendiri sangatlah mudah. Langsung saja ketik perintah diskpart dan tunggu sesaat agar bisa input perintah selanjutnya.

cmd-diskpart-list-volume

Kalau sudah maka langsung saja eksekusi perintah list volume dan ENTER. Maka akan muncul daftar partisi yang ada dan dikenali oleh Windows. Anda bisa melihat nomor volumenya, huruf partisinya, filesystemnya (Windows modern pakai NTFS semua defaultnya), tipenya, ukuran/kapasitas partisi, statusnya apakah sehat atau tidak, dan informasi tambahan misal drive C itu untuk System Boot.

Untuk keluar dari DiskPart tinggal ketikkan perintah exit dan ENTER. Dan sebenarnya DiskPart ini adalah alat serbaguna untuk manajemen storage di Windows, bisa membuat partisi baru dan format misalnya. Oh ya, harddisk dan partisi itu adalah hal berbeda, jangan sampai salah. Satu harddisk bisa jadi satu partisi atau dibagi menjadi lebih kecil lagi.

Semoga bermanfaat. 🙂

Satu pemikiran pada “Cara melihat informasi partisi harddisk lewat command prompt”

Tulis komentar...