Mematikan autodebet BCA

Selamat pagi! Kali ini saya akan berbagi pengalaman dan metode dalam mematikan autodebet ke rekening tahapan BCA. Seperti kita tahu, kita bisa memperbolehkan satu pihak otomatis mengambil dana ke tabungan untuk membayarkan tagihan setiap bulannya.

Mungkin biaya kontrakan, premi asuransi, tagihan kartu kredit, cicilan motor, KPR atau BPJS Kesehatan yang sudah wajib disertakan saat daftar baru. Intinya, mungkin anda sudah selesai urusan pembayarannya atau ternyata saldo dipotong tanpa paham ketentuannya.

buku tabungan keybca

Cara mematikan autodebet BCA

  1. Siapkan buku tabungan, KTP (asli bukan fotokopi), dan kartu ATM.
  2. (Opsional BPJS Kesehatan) Juga perlu membawa Kartu Keluarga dan KIS (Kartu Indonesia Sehat) untuk setiap anggota keluarga terdaftar.
  3. Pergi ke kantor BCA.
  4. Antri di customer service, dan tinggal sampaikan saja kasusnya.
  5. Nanti ada biaya materai Rp. 6.500, siapkan uang tunai.
  6. Sekian.

Ingin membayar sendiri tagihannya, ini yang menjadi alasan saya waktu menonaktifkan autodebet BCA. Lebih suka bayar tagihan BPJS secara mandiri lewat Tokopedia atau marketplace sejenis. Kadang ada diskon atau cashback soalnya, biar lebih hemat walau recehan. 😀

Karena cashback ini dan pengumuman pemerintah ada kenaikan tarif iuran BPJS saya membuat kesalahan fatal membayar sekaligus 10 bulan. Bisa memang, tapi ternyata sistem topup saldo, tidak jadi hemat karena otomatis dikurangi sesuai tarif yang berlaku saat itu.

Secara umum untuk blokir tagihan otomatis ke rekening tabungan BCA syaratnya memang semudah itu, cuma repot saja harus datang langsung ke kantornya. Semoga kedepannya bisa dilakukan lewat KlikBCA atau mobile banking.

Oh ya, untuk BPJS Kesehatan, siapa tahu anda ketinggalan Kartu Keluarga atau kartu keanggotaan seperti saya. Kalau mbak/mas CS ga keberatan minta saja nomor hpnya dan kirimkan dokumen yang kurang lewat WhatsApp. Jadi ga perlu ambil cuti lagi.

Sekian dan semoga bermanfaat. 🙂

25 pemikiran pada “Mematikan autodebet BCA”

  1. Bro saya mau tnya.. Cs bakal nanya perihal kita untuk matikan autodebet nya tidak? Saya sedikit share aja.. Karna waktu kmren saya ke autodebet cc, dan saya ingin matikan,apakah nanti cs nya persulit/tidak? Mohon info nya.. Trimakasih

    Balas
    • Maaf ka pengalaman saya waktu ngobrol sama CS nya saya ingin matikan autodebet tokio Marine dia bilang ga bisa karena harus datang ke kantornya.

  2. saya di haruskan auto debet bpjs.saya urus bln nov tgl 2 2019. BCA Autodebet
    tahu2 bln ini januari 2020..BPJS saya tidak aktif..Kemana saya harus ngomel ?
    ke BCA ATAU BPJS

    Balas
  3. Halo,mau nanya untuk auto debet BPJS itu tiap tanggal berapa?
    Waktu itu sudah sya info ke BCA untuk di debit tiap tanggal 10 tiap bulan,tapi barusan Saya chek di mobile banking,belum Ada mutasi debit tagihan BPJS,mohon penjelasannya,tkasih

    Balas
  4. Tiap masing2 bank beda, ada yg harus ke kantor bpjs dulu, untuk minta/mengajukan pemberhentian autodebet bpjs, nanti dikasih surat² nya, setelah dpt surat laporan dari bpjs disitu kita tinggal ke BANK, untuk berhenti auto debt bpjs nya. Udah deh,..
    Soalnya saya gitu, kenapa saya berhenti autodebet bpjs, soalnya saya pernah bayar bpjs manual ke indomaret tiap tgl 3, eh tgl 5 nya di mutasi rekening saldo ke ambil lagi atas bpjs, masa 1 bulan dua kali bayar, kan rugitong, yaudah daripada ga diurus, mending berhenti aja, emang si males ke kantor cabang bpjs nya, antri, jauh dll. Tapi apa mau terus² san seperti saya.. Gilaaa

    Balas
    • Ya kebetulan pengalaman saya dengan BCA dan tidak perlu dokumen dari BPJS, saat itu masih dianggap proses pembatalan autodebet biasanya.

      Soal kesalahan bayar, saya pernah membayar tagihan BPJS setahun sekaligus. Asumsi saya waktu itu ada rumor kenaikan iurannya, jadi saya bayar saja selama mungkin semampunya. Ternyata sistem tagihan BPJS itu topup saldo dimana tiap bulan ya kena sesuai tarif yang waktu itu berlaku, jadi gagal hemat deh. 😀

    • Wah gila, ternyata yg senasib saya banyak. Bukan ini bpjs memotong 2x lipat, pdhl bulan lalu saya sudah bayar. Terima kasih semua, ternyata sistem auto debet ini hanyalah politik. Mohon informasinya, apakah penggantian dari pihak bpjs karena pomotongan lebih seperti double bayar

    • Sayangnya tidak bisa direfund mbak pembayarannya.

      Kabar positifnya sistem BPJS Kesehatan itu topup saldo, jadi uang yang sudah masuk tidak hilang tapi akan digunakan bayar tagihan bulan depannya.

    • Oh ya mas? Kalau boleh tahu ini mengurus autodebet apa ya? BPJS? Asuransi? Cicilan?
      Apa perlu dokumen pelengkap ya? Sudah coba ke BCA pusat?
      Trims.

  5. Terima kasih mas candra bisa saling share informasi. Klo top up Saldo alhamdulillah klo memang bisa di ganti, tp sampai sekarang belum ada kabar konfirmasinya

    Balas
  6. Ane Bulan Juni 2021 Ke auto debet 2 kali, tanpa ada alasan yang jelas dari kedua belah pihak. CS BPJS : AKan di akumulasi ke bulan berikutnya, CS BCA : Disarankan mohon menunggu. Mending Bayar Mandiri Sumpahhh

    Balas
    • Nah ini salah satu pertimbangan saya mematikan autodebet. Bukan BCA atau BPJS Kesehatan itu tidak dapat diandalkan atau gimana, tapi kalau ada masalah pembayaran jadi ribet karena ada 2 pihak selain pelanggan. Syukur kalau ga dipingpong.

      Kalau mandiri kan jelas, misal ada masalah pembayaran ya antara saya sendiri dan pihak yang dibayar.

  7. Terima kasih untuk sarannya,,yg lebih prah lagi gw ada potongan auto db telemedivine semo tekno tanpa tau itu buat apa tiap harinya ada potongan 29rbu kan lumayan klo sebulan brpa..

    Balas

Tinggalkan komentar