Mematikan JavaScript pada Google Chrome Android

Kadang merasa jengkel juga dengan beberapa situs yang memasang iklan yang menutupi layar handphone Android saya (ASUS Zenfone 5 Kitkat). Bukannya informasi yang didapat malah ingin segera menekan tombol Back atau menutup tab di Google Chrome, inipun dipersulit dengan membuka halaman tab baru dengan iklan – iklan. Jadi kejar – kejaran dengan situsnya nanti.

Kalau di komputer kita bisa menginstall AdBlock untuk memblokir iklan maka di Android opsi kita sangat terbatas kalau menggunakan Chrome – cuma satu saja caranya yaitu dengan mematikan JavaScript. Kenapa yang saya bahas adalah browser Chrome untuk Android? Sederhana alasannya, karena secara default sudah ada di setiap perangkat Android dan dari pengamatan saya jarang yang menginstall brower lain seperti Opera, UC Browser atau Mozilla Firefox.

Untuk menonaktifkannya silahkan tap pada icon menu Chrome dan pilih Settings (Setelan).

android-chrome-menu

Kemudian langsung perhatikan di bagian Advanced (Lanjutan) dan buka Site settings (Setelan situs). Ubah saja opsi JavaScript dari Allowed (Diizinkan) menjadi Blocked (Dicekal) dan seluruh elemen yang membutuhkan fungsi JS ini akan tidak berfungsi, salah satunya adalah iklan yang mengganggu.

android-chrome-advanced-site-settings

Tentu saja kalau situs yang anda gunakan adalah layanan online dan membutuhkan mesin JavaScript silahkan aktifkan kembali dengan cara yang sama.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...