Mematikan koreksi dan prediksi tulisan pada Meizu

Saya baru saja mengganti handphone dari ASUS ZenFone 5 ke Meizu M2 Note dan saya selalu melakukan salah satu hal yang wajin: mematikan koreksi dan prediksi saat mengetik. Tapi saya perhatikan keyboard default dalam handphone ini malah lebih lengkap lagi fiturnya. Ada cek ejaan (spellcheck), ganti bahasa ketikan dan prediksi emoji (buat apa?). Bertambah banyak lagi yang harus dinonaktifkan. Haha. 😀

Jadi pada Meizu M2 Note ini keyboard defaultnya menggunakan TouchPal dan silahkan anda akses Settings (Pengaturan ) > Language and time (Bahasa dan waktu) seperti pada gambar dibawah untuk mulai mengaturnya. Iconnya seperti bola dunia dengan jaring.
meizu-m2-note-language-time

Kemudian tap pada TouchPal, warna biru menunjukkan keyboard yang aktif. Ada satu lagi yang terinstall milik Google Keyboard tapi tidak digunakan, bisa diganti pada System keyboard.

Nah… langkah pertama silahkan buka General settings (Setelan umum) dan hilangkan centang pada opsi Emoji Prediction (Prediksi Emoji). Sudah cuma satu ini saja pada jendela ini, mari kembali ke jendela sebelumnya.

meizu-m2-note-touchpal-smart-input

Kemudian akses Smart input (Masukan pintar), mayoritas fitur – fitur tambahan untuk ketikan ada disini. Nonaktifkan:

  • Wave – Sentence gesture (Wave – Gerakan kalimat).
  • Contextual prediction (Prediksi kontekstual).
  • Tap space to select next word (Ketuk spasi untuk memilih kata selanjutnya.

Ternyata masih belum selesai lho. Haha. 😀 Terakhir pada keyboardnya akses menu dan matikan Predictions (Prediksi) seperti gambar dibawah.

meizu-m2-note-touchpal-keyboard

Sedangkan untuk menghilangkan pilihan bahasa pada tombol spasi bisa diatur dengan mematikan Switch language (Ganti bahasa) pada pengaturan Touchpal tadi. Saya sering salah tekan pas mengetik pesan gara – gara ini, ini mengaktifkan fitur cek ejaan tulisan sebenarnya.

Selesai dan semoga bermanfaat. 🙂

8 pemikiran pada “Mematikan koreksi dan prediksi tulisan pada Meizu”

    • Di pilihan keyboard tidak ada isinya? Atau bisa dipilih tapi tidak muncul? Sudah coba install aplikasi keyboard lain dari Play Store?

  1. udah di ikutin semua langkahnya cuman pas bagian terakhir ko ga ada menu prediction OFF pas klik lambang touchpalnya di keyboard? mohon bantuannya hal ini sangat mengganggu saat pengetikan. Terimakasih

    Balas
    • Mas coba sentuh > geser dari kanan ke kiri pada tombol spasi. Seharusnya akan muncul opsi Words Prediction.

  2. Saya ingin tanya,bagaimana si cara menghidupkan kembali koreksi otomatis? Ada si,tulisan koreksi otomatis ,tapi kok ngga bisa ditekan ya? Minta jawabanyya.terima ksh

    Balas

Tulis komentar...