Mematikan perlindungan Data Execution Prevention di Windows

Data Execution Prevention (DEP) Protection adalah fitur dari Windows yang digunakan untuk melindungi sistem operasi dari program yang mengeksekusi memori yang bukan miliknya. Jadi software yang berniat jahat ke komputer anda akan dicegah membajak proses lainnya dan akan dimatikan oleh DEP. Tapi beberapa program yang tidak berbahaya bisa terkena DEP ini dan menjadi tidak bisa dijalankan.

Biasanya yang menjadi korban adalah aplikasi dari pihak ketiga, download installer software dari internet atau program yang jarang dikenal orang. Lebih buruknya lagi Data Execution Prevention tidak akan menampilkan informasi apapun kalau suatu proses dimatikan olehnya, jadi anda tidak akan tahu penyebab mengapa installer software tidak bisa dijalankan, program tiba – tiba tertutup sendiri, atau kenapa komputer anda tidak mengaktifkan suatu service, dan sebagainya.

Nah.. anda bisa mematikan perlindungan DEP secara menyeluruh dengan menggunakan command prompt dan mengetikkan perintah bcdedit.exe /set {current} nx AlwaysOff.

windows-7-command-prompt-dep-alwaysoff

Bila anda berubah pikiran dan ingin menghidupkan kembali perlindungan DEP di Windows dengan mengetikkan perintah bcdedit.exe /set {current} nx AlwaysOn.

windows-7-command-prompt-dep-alwayson

Semua ini perlu anda lakukan dengan akun Administrator di Windows. Setelah menjalankan perintah baik mengaktifkan atau menonaktifkan perlindungan DEP lebih baik anda restart komputer untuk menerapkan perubahan konfigurasi Data Execution Prevention di Windows.

27 pemikiran pada “Mematikan perlindungan Data Execution Prevention di Windows”

  1. cara turn on nya gimna ya gan ? saya kurang mngerti..
    pdahal kmarin2 sy msih bisa mnggunakn DEP, tpi skrg sdh tdk bisa lgi.

    Edit:

    Tambahan:
    sy jga sudah coba aktifkan via cmd tpi tdk brhasil.

    Balas
  2. laptopku windows 7 64-bit gak bisa matikan DEP dengan cara di atas. muncul pesan error “The boot configuration data store could not be opened. Access is denied. gimana nih cara atasinya…

    Balas
    • CARA NYA DENGAN JADI ADMINISTRATOR BANG KLIK KOLOM PENCARIAN TULIS COMAND PROMPT DAN KLIK KANAN MOUSE DAN KLIK RUN AS AMDNISTRATOR BARU DEH DI COBA DENGAN CARA DI ATAS. SEMOGA MEMBANTU

  3. kalo cara menambahkan aplikasi biar masuk list dep gimana bang?
    yg 32bit bisa tp kok pas mau add yg 64bit ga bisa kenapa ya? mohon solusinya

    Balas
    • Halo Man, mas pakai Windows apa ya? Dan program apa yang ingin ditambahkan ke DEPnya? Tidak bisa dimatikan sekalian biar ga repot mas?

  4. Mas, padahal udah saya lakuin cara di atas muncul eror ‘the boot configuration data store could not be opened’. kompi saya windows 8, solusi nya mas gimana ?

    Balas
  5. Msh ga bisa bang, “A problem caused the program to stop working correctly. Windows will close the program and notify you if a solution is available.”

    Balas
  6. kang saya error pas gunain CMD bcdedit -set TESTSIGNING ON / OFF gimana caranya yaa. ada tulisan the parameter is incorrect, saya pakai windows 8.1 x64, saya juga dah pakain run administrator CMD tetep ga bisa, apa solusinya kang? tolong bantu, ini saya buat main game ragnarok.

    Balas
  7. mas chandra boleh nanya nih,yg jadi masalah di Data Execution Prevention di Windows saya 2 pilihan turn ON DEPP blank,tidak bisa dipilih 22 nya ( terkunci,tidak bisa di klik atau dipilih 22nya )-_-…knapa bisa begitu ya mas? mohon bantuannya mas,dan terimakasih atas waktunya.

    Balas
  8. Mycomputer_click kanan\properties\advance system setting\ advaced\ setting\ data execution prevention\trun on DEP for all …..except\ add program yang tidak bisa jalan\ok\Appy\Ok.

    Mungkin diperlukan restart.

    Goodluck.

    Balas

Tulis komentar...